Pengaruh Media Audio Visual Berbasis Aplikasi Capcut Terhadap Minat Belajar Peserta didik Kelas IV Di SDIT Ummatan Wahidah Talang Rimbo Baru

Nurlaila, Nurlaila and Nasution, Aida Rahmi and Meldina, Tika (2022) Pengaruh Media Audio Visual Berbasis Aplikasi Capcut Terhadap Minat Belajar Peserta didik Kelas IV Di SDIT Ummatan Wahidah Talang Rimbo Baru. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
NURLAILA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada proses pembelajaran minat merupakan salah satu indikator yang harus ditumbuhkan pendidik maka hendakla adanya inovasi media untuk meningkatkan minat. Maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: 1) Apakah terdapat perbedaan minat belajar peserta didik yang diajarkan dengan media audio visual berbasis aplikasi capcut dengan minat belajar peserta didik yang diajarkan dengan pembelajaran konvesional 2) Apakah ada pengaruh media audio visual berbasis aplikasi capcut terhadap minat belajar peserta didik diSdit Ummatan Wahida Talang Rimbo Metode penelitian yang digunakan yakni metode kuantitatif berbasis true experimental desaign dimana sampel yang menjadi tujuan penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A dan kelas IV B Sdit Ummatan Wahidah Talang Rimbo Baru yang berjumlah 15 orang dikelas IV A & 15 orang dikelas IV B. Metode pengumpulan datanya mengunakan angket serta teknik analisis data yang digunakan terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas. Kemudian untuk mengetahui perbedaan dan pengaruhnya maka diuji menggunakan uji hipotesis dengan uji t indenpendent sample test dan paired sample t test. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: 1) Berdasarkan pengujian angket sehingga terdapat perbedaan antara minat belajar peserta didik dikelas experimen dan di kelas kontrol yaitu dengan mean sebesar 105,87 dikelas experimen dan mean sebesar 92,93 dikelas kontrol serta dibuktikan jugadengan > dengan hasil sig. 0,006<0,05 sehingga Ha diterima yang berarti kedua kelas kontrol dan experimen memiliki minat belajar yang berbeda; 2) Berdasarkan hasil uji t paired sample t test mean sebesar 79,73 sebelum treatment dan mean sebesar 105,87 setelah treatment serta dilihat dari hasil > dengan sig. 0,000 < 0,005 terhadap angket peserta didik pada proses pembelajaran maka terdapat pengaruh signifikan penggunaan media ini terhadap peningkatan minat belajar peserta didik setelah treatment dan setelah treatment pada kelas experimen. Kata kunci: Media Audio Visual, dan Minat Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Nurlaila, NurlailaUNSPECIFIED
Nasution, Aida RahmiUNSPECIFIED
Meldina, TikaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:31
Last Modified: 21 Feb 2023 08:31
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2362

Actions (login required)

View Item View Item