Manajemen Pembelajaran Pada Masa Covid-19 di Madrasah Aliyah Riyadus Sholihin Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas

Fatkurrozi, Fatkurrozi and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Kusen, Kusen (2021) Manajemen Pembelajaran Pada Masa Covid-19 di Madrasah Aliyah Riyadus Sholihin Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas. Masters thesis, IAIN Curup.

[img] Text
TESIS FATKURROZI (19861006).pdf

Download (2MB)

Abstract

Corona Virus disease (Covid 19) yang sedang melanda negeri ini telah merambah keberbagai aspek, termasuk lembaga pendidikan. Mewabahnya Covid-19 mengharuskan lembaga pendidikan melaksanakan pembelajaran secara bijak agar proses pembelajaran tetap dilaksanakan dimasa pandemi Covid-19 salah satu langkah yang dilakukan melalui pembelajaran masa pandemi Covid-19. Selama ini pembelajaran masa pandemi Covid-19 mengalami permasalahan seperti keluhan jaringan, mahalnya kuota internet, pembelajaran tidak efektif, terlalu banyak tugas, penurunan kompetensi peserta didik dan lain-lain. Dalam kondisi dan situasi demikian, diperlukan solusi pembelajaran pada masa pandemi yang efektif dan efisien. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan perencanaan pembe-lajaran pandemi Covid-19, pelaksanaan pembelajaran pandemi Covid-19 dan evaluasi pembelajaran pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah Riyadus Sholihin. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data melaui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data, peneliti menggunakan data collection, data display, data reduction dan conclution . Berdasarkan hasil penelitian dapat disampaikan bahwa perencanaan pembelajaran pandemi Covid-19 meliputi penetapan WhatsApp Grup dan YouTube sebagai media pembelajaran, mengurangi jam pembelajaran, menunjuk petugas khusus pelaksana pembelajaran. Pelaksana pembelajaran pandemi Covid-19 yaitu pembelajaran dalam WhatsApp Grup dilaksanakan oleh wali kelas, pada masa pandemi Covid-19 melalui streaming YouTube sedangkan manajer maupun supervisor dilakukan oleh admin. Evaluasi pembelajaran pandemi Covid-19 menindaklanjuti permasalahan tersebut sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran dengan mengevaluasi perencenaan, pelaksananan dalam men-dampingi pembelajaran pandemi Covid-19 dengan memberi motivasi para peserta didik, menjelaskan materi pembelajaran dengan voice note WhatsApp, serta menelepon dan menge-chat pribadi para peserta didik yang kurang aktif di luar chat yang ada di grup. Berbagai upaya tersebut dilakukan demi terciptanya kegiatan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 yang lebih efektif

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Fatkurrozi, FatkurroziUNSPECIFIED
Hamengkubuwono, HamengkubuwonoUNSPECIFIED
Kusen, KusenUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Manajemen, Pembelajaran, Pandemi Covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2
Depositing User: Mr hardinata
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:47
Last Modified: 21 Feb 2023 07:47
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1598

Actions (login required)

View Item View Item