Fatkurrozi, Fatkurrozi and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Kusen, Kusen (2021) Manajemen Pembelajaran Pada Masa Covid-19 di Madrasah Aliyah Riyadus Sholihin Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas. Masters thesis, IAIN Curup.
Text
TESIS FATKURROZI (19861006).pdf Download (2MB) |
Abstract
Corona Virus disease (Covid 19) yang sedang melanda negeri ini telah merambah keberbagai aspek, termasuk lembaga pendidikan. Mewabahnya Covid-19 mengharuskan lembaga pendidikan melaksanakan pembelajaran secara bijak agar proses pembelajaran tetap dilaksanakan dimasa pandemi Covid-19 salah satu langkah yang dilakukan melalui pembelajaran masa pandemi Covid-19. Selama ini pembelajaran masa pandemi Covid-19 mengalami permasalahan seperti keluhan jaringan, mahalnya kuota internet, pembelajaran tidak efektif, terlalu banyak tugas, penurunan kompetensi peserta didik dan lain-lain. Dalam kondisi dan situasi demikian, diperlukan solusi pembelajaran pada masa pandemi yang efektif dan efisien. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan perencanaan pembe-lajaran pandemi Covid-19, pelaksanaan pembelajaran pandemi Covid-19 dan evaluasi pembelajaran pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah Riyadus Sholihin. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data melaui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data, peneliti menggunakan data collection, data display, data reduction dan conclution . Berdasarkan hasil penelitian dapat disampaikan bahwa perencanaan pembelajaran pandemi Covid-19 meliputi penetapan WhatsApp Grup dan YouTube sebagai media pembelajaran, mengurangi jam pembelajaran, menunjuk petugas khusus pelaksana pembelajaran. Pelaksana pembelajaran pandemi Covid-19 yaitu pembelajaran dalam WhatsApp Grup dilaksanakan oleh wali kelas, pada masa pandemi Covid-19 melalui streaming YouTube sedangkan manajer maupun supervisor dilakukan oleh admin. Evaluasi pembelajaran pandemi Covid-19 menindaklanjuti permasalahan tersebut sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran dengan mengevaluasi perencenaan, pelaksananan dalam men-dampingi pembelajaran pandemi Covid-19 dengan memberi motivasi para peserta didik, menjelaskan materi pembelajaran dengan voice note WhatsApp, serta menelepon dan menge-chat pribadi para peserta didik yang kurang aktif di luar chat yang ada di grup. Berbagai upaya tersebut dilakukan demi terciptanya kegiatan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 yang lebih efektif
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Manajemen, Pembelajaran, Pandemi Covid-19 | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
||||||||
Divisions: | Pasca_Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2 | ||||||||
Depositing User: | Mr hardinata | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 07:47 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 07:47 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1598 |
Actions (login required)
View Item |