Hubungan layanan perpustakaan Terhadap peningkatan hasil belajar siswa Pada materi pembelajaran pendidikan agama islam (studi pada smp negeri 03 kepahiang)

Sartono, Sartono and Nuzuar, Nuzuar and Fakhruddin, Fakhruddin (2018) Hubungan layanan perpustakaan Terhadap peningkatan hasil belajar siswa Pada materi pembelajaran pendidikan agama islam (studi pada smp negeri 03 kepahiang). Diploma thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
HUBUNGAN LAYANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMBELAJARAN P.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sekolah merupakan bangunan atau lembaga untuk belajar dan mengajar, serta tempat menerima dan memberi pelajaran. Sekolah merupakan salah satu tempat bagi para siswa untuk menuntut ilmu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1. Bagaimana Layanan Perpustakaan Terhadap Hasil Belajar Siswa Pembelajaran PAI di SMP Negeri 03 Kepahiang, 2. Bagaimana Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PAI di SMP Negeri 03 Kepahiang, 3. Bagaimana Hubungan Layanan Perpustakaan Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PAI di SMP Negeri 03 Kepahiang. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional yaitu mencari Hubungan Layanan Perpustakaan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pembelajaran PAI. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 03 Kepahiang yang berjumlah 450, berdasarkan perhitungan berbasis excel pada taraf signifikasi 10% jumlah sampel 82 orang dengan angket tentang layanan perpustakaan dan nilai rapot tentang hasil belajar. Teknik analisa data analisis data korelasi product moment. Yaitu teknik korelasi ini digunakan untuk mencari hubungan dan membuktikan hipotesis hubungan dua variabel. Berdasarkan hasil penelitian yang dikumpulkan 1. Layanan perpustakaan SMP Negeri 03 Kepahiang, kategori Baik (73,17%) 2. Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pembelajaran PAI SMP Negeri 03 Kepahiang, kategori baik (92,68%) 3. Setelah dilakukan perhitungan diperoleh r hitung sebesar 0,33 r tabel dk= N-2 dan pada taraf signifikasi 10% 0,278 jika dibandingkan r hitung dengan r tabel maka r hitung > r tabel (0,33>0,278). Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat korelasi antara layanan perpustakaan terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi pembelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Creators:
CreatorsEmail
Sartono, SartonoUNSPECIFIED
Nuzuar, NuzuarUNSPECIFIED
Fakhruddin, FakhruddinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Layanan Perpustakaan, Hasil Belajar Siswa
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 19 Oct 2019 12:10
Last Modified: 19 Oct 2019 12:10
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/127

Actions (login required)

View Item View Item