Evaluasi Pembelajaran Metode Tadarruj Wa Tikrari di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Miftahuddin Desa Suka Marga Curup Selatan

Frischa Anggraeni, Adelia and Ifnaldi, Ifnaldi and Khair, Ummul (2021) Evaluasi Pembelajaran Metode Tadarruj Wa Tikrari di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Miftahuddin Desa Suka Marga Curup Selatan. Sarjana thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
Skripsi Adelia Frischa anggraeni.pdf

Download (1MB)

Abstract

Evaluasi pembelajaran pada dasarnya bukan hanya menilai hasil belajar, tetapi juga proses-proses yang dilalui pendidik dan peserta didik dalam keseluruhan proses pembelajaran. Permasalahan ini terfokus pada kajian evaluasi sistem model CIPP (Context, Input, Process, and Product) terhadap pembelajaran di TPQ Miftahuddin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai proses dan hasil dari pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode Tadarruj Wa Tikrari (Pentahapan Dan Pengulangan) dan evaluasi pembelajaran menggunakan model CIPP di TPQ Miftahuddin Desa Suka Marga Curup Selatan. Adapun jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini yakni penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu Ketua TPQ dan Ustadzah TPQ Miftahuddin. Teknik pengumpulan data yang diperlukan yaitu observasi dan dokumentasi. Serta teknik analisis data yaitu menggunakan pengumpulan data, data reduction, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian memperoleh bahwa: 1) Pelaksanaan kegiatan pembelajaran Iqra‟ atau Al-Qur‟an di TPQ Miftahuddin dilaksanakan dengan menggunakan 2 metode yakni metode Iqra‟ dan Tadarruj Wa Tikrari. 2) Evaluasi pembelajaran metode Tadarruj Wa Tikrari menggunakan model CIPP di TPQ Miftahuddin yakni dengan menggunakan evaluasi konteks yaitu berisikan mengenai latar belakang, sosial-ekonomi, sekolah, dsb. Pada evaluasi input/masukan yaitu menentukan sumber yang ada (dengan menentukan sumber dari mana asal siswa-siswi tersebut berasal. Pada evaluasi proses yaitu Peneliti disini mengamati mengenai evaluasi pelaksanaan pembelajaran membaca dengan menggunakan metode Tadarruj Wa Tikrari. Selanjutnya pada evaluasi produk yaitu fokus pada pengukuran keberhasilan yakni dengan melakukan tes harian atau tes formatif dan tes kenaikan tingkat yang dilakukan pada saat berlangsungnya proses belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Frischa Anggraeni, AdeliaUNSPECIFIED
Ifnaldi, IfnaldiUNSPECIFIED
Khair, UmmulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Tadarruj Wa Tikrari, Taman Pendidikan Al-Qur’an.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr emeraldo nugroho
Date Deposited: 19 Jan 2023 03:18
Last Modified: 19 Jan 2023 03:18
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/996

Actions (login required)

View Item View Item