Strategi Pembelajaran Critical Incident (Pengalaman Penting) dalam Meningkatkan kemampuan Berpikir Kritis Siswa Mata Pelajaran PKn Kelas V SDN 36 Rejang Lebong

Ayu Agustika, Mutia and Putrajaya, Guntur and Arbaini Wahyuningsih, Wiwin (2019) Strategi Pembelajaran Critical Incident (Pengalaman Penting) dalam Meningkatkan kemampuan Berpikir Kritis Siswa Mata Pelajaran PKn Kelas V SDN 36 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
STRATEGI PEMBELAJARAN CRITICAL INCIDENT (PENGALAMAN PENTING) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKI.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan utama yang diangkat dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa di SDN 36 Rejang Lebong. Oleh karena itu perlu dilakukan sebuah penelitian dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa tersebut. Peneliti mencoba menerapkan strategi pembelajaran critical incident untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, seperti halnya strategi pembelajaran lainnya yang telah digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan strategi pembelajaran critical incident lebih tinggi dari pada rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa tanpa menggunakan strategi pembelajaran critical incident. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian Pre-Experimental Designs (Non-designs) bentuk Intact-Group Comparision. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, sehingga satu lokal saja yang menjadi tempat penelitian dan satu lokal ini dibagi menjadi dua yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar berbentuk soal essay yang diberikan melalui pretest dan posttest. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial yaitu uji-t. Dari hasil penelitian kemampuan berpikir kritis pada siswa ditandai dengan meningkatnya rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa yaitu dari data post-test dikelas eksperimen nilai rata-rata 68,67, sedangkan untuk kelas kontrol nilai rata-rata sebesar 58,44. Karena ttabel < thitung, maka Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran critical incident berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SDN 36 Rejang Lebong.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ayu Agustika, MutiaUNSPECIFIED
Putrajaya, GunturUNSPECIFIED
Arbaini Wahyuningsih, WiwinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Critical Incident, Kemampuan berpikir kritis siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs yuni hartini
Date Deposited: 19 Jan 2023 02:27
Last Modified: 19 Jan 2023 02:27
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/982

Actions (login required)

View Item View Item