Analis Pembelajaran PKn dalam Membentuk Perilaku Filantropi Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 01 Rejang Lebong

Hardianti, Nopita and Kurniawan, Kurniawan and Syaripah, Syaripah (2019) Analis Pembelajaran PKn dalam Membentuk Perilaku Filantropi Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 01 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
ANALISIS PEMBELAJARAN PKn DALAM MEMBENTUK PERILAKU FILANTROPI SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH N.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

mewujudkan suasana belajar dan proses belajar agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, ahlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Sedangkan pembelajaran PKn yang mencakup pengetahuan, keterampilan serta karakter kewarganegaraan siswa, maka jelaslah bahwa pembelajaran PKn ini tidak terlepas pada nilai-nilai perilaku filantropi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Deskriptif Kualitatif yaitu mendeskripsikan secara jelas mengenai hasil temuan dilapangan dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di Madsaha Ibtidaiyah Negeri 01 Rejang Lebong. Teknik yang digunakan sebagai alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah teknik interview, observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini bahwa Upaya yang dilakukan dalam membentuk perilaku filantropi siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 01 Rejang Lebong melalui pembelajaran PKn diantaranya adalah: (1) Guru PKn membuat perencanaan dengan menyesuaikan RPP dan Silabus yang ada, (2) Guru PKn melakukan koordinasi dan konsultasi dengan wali kelas, waka kurikulum, dan kepala sekolah untuk melakukan pengembangan Silabus yang ditujukan untuk meningkatkan perilaku kepedulian sosial pada siswa, (3) Merumuskan tujuan pembelajaran yaitu menanamkan nilai filantropi (kepedulian sosial) yang dikaitkan dengan RPP dan Silabus, (4) Menggunakan metode ceramah dan pemberian contoh, (5) Memanfaat media pembelajaran yang ada diruang kelas yautu spidol dan paapn tulis, (6) melakukan penilaian terhadap sikap filantropi (kepedulian sosial) siswa dengan melakukan penilaian bersifat bulanan yang dilakukan dengan ulangan di setiap akhir bulan, kemudian tiga bulan dilakukan dengan ulangan tengah semester, serta enam bulan yang dilakukan melalui ulangan akhir semester, serta (7) tindak lanjut berupa analisis kendala dan kegagalan yang dihadapi, kemudian mencari cari jalan keluar untuk mengatasinya..

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Hardianti, NopitaUNSPECIFIED
Kurniawan, KurniawanUNSPECIFIED
Syaripah, SyaripahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PKn, Filantropi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs yuni hartini
Date Deposited: 19 Jan 2023 02:10
Last Modified: 19 Jan 2023 02:10
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/979

Actions (login required)

View Item View Item