Implementasi NIlai-nilai Karakter Siswa melalui Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pelajaran Tematik di SD Unggulan Aisyiyah Taman Harapan Curup

Muslimah, Muslimah and Ratnawati, Ratnawati and Mutia, Mutia (2019) Implementasi NIlai-nilai Karakter Siswa melalui Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pelajaran Tematik di SD Unggulan Aisyiyah Taman Harapan Curup. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CT.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan melihat fenomena pendidikan karakter akhir-akhir ini belum terlaksana dengan optimal dan pendidikan formal yang belum efektif. Di mana-mana terjadi tindakan kekerasan dan pembulian atau pertengkaran. Hal ini sangat mengkhawatirkan bagi anak-anak. Sehingga guru memiliki peran penting dalam membentuk dan mengembangkan karakter peserta didik di lingkungan sekolah terutama dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Pembelajaran CTL merupakan salah satu model pembelajaran yang cocok untuk menerapkan pendidikan karakter siswa pada mata pelajaran tematik. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji lebih mendalam tentang, nilai-nilai karakter apa saja yang terdapat dalam pelajaran tematik melalui pembelajaran Contextual Teaching and Learning di kelas IV SD Unggulan ‘Aisyiyah Taman Harapan Curup; bagaimana implementasi nilai-nilai karakter pada pelajaran tematik melalui pembelajaran Contextual Teaching and Learning di kelas IV SD Unggulan ‘Aisyiyah Taman Harapan Curup. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan subjek penelitian yang meliputi guru kelas IV Al-Baasith. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa: (1) nilai-nilai karakter dalam pembelajaran CTL pada pelajaran tematik subtema 1 dan 3 pembelajaran ke-3 terdapat 12 nilai-nilai karakter yang dikembangkan. Nilai tersebut yaitu religius, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, peduli sosial, tanggung jawab, bersahabat/komunikatif, dan toleransi. (2) Bentuk implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran CTL diwujudkan dalam setiap kegiatan pembelajaran tematik subtema 1 dan 3 yang diintegrasikan dengan aspek-aspek CTL di dalamnya seperti berdo’a, sholat, menggunakan media pembelajaran, melakukan percobaan, pemberian tugas, mengajukan berbagai pertanyaan, mempersentasikan hasil diskusi, menyanyikan lagu indonesia raya, dan mengerjakan soal latihan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Muslimah, MuslimahUNSPECIFIED
Ratnawati, RatnawatiUNSPECIFIED
Mutia, MutiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Karakter, Tematik, Contextual Teaching and Learning (CTL)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs yuni hartini
Date Deposited: 19 Jan 2023 01:44
Last Modified: 19 Jan 2023 01:44
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/970

Actions (login required)

View Item View Item