Modifikasi Pembelajaran PAI dalam Kurikulum Sekolah Penggerak di SD Negeri 02 Rejang Lebong.

Nisla, Ade and Purnama Sari, Dewi and Karolina, Asri (2022) Modifikasi Pembelajaran PAI dalam Kurikulum Sekolah Penggerak di SD Negeri 02 Rejang Lebong. Masters thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
Tesis Ade Nisla.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ade Nislawati. NIM.20871003, Modifikasi Pembelajaran PAI dalam Kurikulum Sekolah Penggerak di SD Negeri 02 Rejang Lebong. Tesis, Program Pascasarjana IAIN Curup Program Studi Pendidikan Agama Islam. 2022, 125 halaman. Modifikasi pembelajaran PAI adalah suatu upaya yang dilakukan untuk menciptakan dan menampilkan sesuatu hal yang baru, unik, dan menarik. penelitian ini bertujuan untuk mengukapkan secara mendalam mengenai modifikasi pembelajaran PAI dalam kurikulum sekolah penggerak. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan study kasus. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kurikulum, guru penggerak PAI, dan siswa. teknik pengumpulan data ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. uji keabsahan data dilakukan dengan cara menggunakan Triangulasi sumber dan Triangulasi teknik. dan teknik analisis data menggunakan model miles and huberman yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi (menarik kesimpulan ). Hasil penelitian yang diperoleh yaitu pertama, kurikulum yang digunakan sebelumnya adalah kurikulum 2013 berdasarkan kompetensi yang dirumuskan dari SKL. kedua, pembelajaran PAI tidak berubah sama seperti kurikulum sebelumnya dalam pembelajaran PAI fokus mengeksplorasi materi dasar kurikulum, materi pembelajaran meliputi, akidah akhlaq, qur’an-hadis, fiqh dan sejarah kebudayaan islam (SKI). dalam Proses pembelajarannya mendukung perkembangan kompetensi( literasi dan numerisasi) dan karakter peserta didik secara holistik yaitu secara menyeluruh sesuatu harus di pelajari secara menyeluruh tidak hanya beberapa bagian , guru merupakan fasilitator semua dimulai dari diri siswa dan berpusat pada siswa. ketiga, modifikasi pembelajaran PAI dalam kurikulum sekolah penggerak meliputi penyesuaian Standar capaian pembelajaran, alur tujuan pembelajaran (ATP) memiliki fungsi yang sama seperti silabus, dan modul ajar sama seperti RPP. keempat, penerapan modifikasi pembelajaran dapat dilihat dari asesmen atau penilaian yaitu asesmen diagnostik awal pembelajaran, asesmen formatif pada pembelajaran sedang berlangsung dan asesmen sumatif yaitu penilaian pada akhir. proses pembelajaran antara kurikulum sebelumnya dengan sekolah penggerak sangat berbeda dari segi kurikulum, segi materi dibagi per fase, dan dari segi penilain. aktivitas belajar siswa lebih aktif mandiri, digitalisasi sekolah lebih aktif dan Sekolah sebagai kegiatan yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Nisla, AdeUNSPECIFIED
Purnama Sari, DewiUNSPECIFIED
Karolina, AsriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Modifikasi, Pembelajaran PAI, kurikulum sekolah penggerak
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr emeraldo nugroho
Date Deposited: 19 Jan 2023 01:58
Last Modified: 19 Jan 2023 01:59
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/965

Actions (login required)

View Item View Item