Widyaningsih, Widyaningsih and Arcanita, Rafia and Taqiyuddin, Taqiyuddin (2016) Pembaharuan Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren (Studi Analisis Manajemen Pesantren oleh Dr. KH. Abdullah Syukri Zarkasyi, MA.). Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
SKRIPSI WIDYANINGSIH.NIM 13532002 PEMBAHARUAN MANAJEMEN PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan Islam adalah pendidikan yang bertujuan untuk membentuk pribadi muslim seutuhnya, mengembangkan seluruh potensi jasmani dan rohani manusia untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Pesantren sebagai salah satu lembaga pendidikan yang mengambil andil penting dan pengaruh besar dalam pendidikan telah lama menemani sejarah negara Indonesia dan oleh sebab itu penulis memandang penting untuk mengadakan penelitian tentang pesantren. Salah satu pondok pesantren yang telah lama menemani sejarah Negara ini adalah Pondok Modern Darussalam Gontor dan salah satu tokoh penting dari pondok ini adalah Dr. KH. Abdullah Syukri Zarkasyi, MA. maka penulis mengadakan studi tokoh dalam aspek manajemen kebijakan tetang gagasan dan ide-ide pembaharuan manajemen pendidikan pondok pesantren menurut Dr. KH. Abdullah Syukri Zarkasyi, MA. dengan menggunakan metode dokumentasi secara tersusun sebagai konfigurasi khas yang memuat fakta-fakta yang dinyatakan secara deskriptif, dan metode Observasi Partisipan kepada beberapa alumni Pondok Gontor untuk memperoleh data yang berkaitan dengan penelitian ini. Setelah mengadakan penelitian maka penulis mendapatkan beberapa gagasan pembaharuan pendidikan pesantren menurut Dr. KH. Abdullah Syukri Zarkasyi, MA. yaitu integrasi pendidikan dan pengajaran yang ada di pesantren yang tidak memisahkan antara intra, ektra dan kokulikuler sehingga dibentuklah lembaga-lembaga yang mengurus pendidikan dan pengajaran di dalam dan luar kelas selama 24 jam penuh dengan dipimpin oleh Kyai selaku pengasuh dan pimpinan pondok sebagai bentuk dari Totat Cuality Control. Ide-ide pembaharuan menejemen pesantren menurut Dr. KH. Abdullah Syukri Zarkasyi, MA. yaitu Manajemen Pembiayaan; pesantren harus mandiri secara keuangan, Manajemen Sarana dan Prasarana; pesantren harus membangun bangunan yang diperuntukkan bagi seluruh penghuni pondok dan seluruh aspek yang berhubungan dengannya, Manajemen Kepemimpinan; pola kepemimpinan yang bersifat transformasional, Manajemen Sumber Daya Manusia; untuk memenuhi SDM yang dibutuhkan pondok mengadakan kaderisasi, Manajemen Nilai; kuatnya sebuah pondok didasarkan atas nilai-nilai yang dimilikinya maka transformasi nilai-nilai tersebut harus tetap dilaksanakan dalam berbagai momentum dan kegiatan.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pesantren; Pendidikan; Manajemen | ||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Users 7 not found. | ||||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2019 05:26 | ||||||||
Last Modified: | 25 Jul 2019 05:26 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/96 |
Actions (login required)
View Item |