Kerjasama Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Negeri 73 Lebong

Pricillia, Hafizah and Nelson, Nelson and Amin, Muhammad (2022) Kerjasama Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Negeri 73 Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Hafizah Pricilliaa.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pada masa pandemi siswa lebih sering berinteraksi dengan keluarganya. Dan keluarga memberikan pembelajaran yang baik bagi anak. Terkadang minat belajar anak jika sudah berada di lingkungan keluarga sering lupa akan tugas utamanya yakni belajar. Mereka cenderung kebanyakan bermain dikarenakan ada keluarga yang tidak meminta anak tersebut untuk belajar. Disinilah peran keluarga khususnya orang tua sangat dibutuhkan. Untuk kerja sama yang baik anatara guru dan orangtua dalam meningkatkan minat belajar anak, apabila tidak dibangun kerja sama yang baik maka akan membuat siswa akan merasa tidak berminat dalam belajar. Dari permasalahan tersebut peneliti tertarik untuk meneliti tentang “Kerjasama Guru Dan Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SD Negeri 73 Lebong”. Metode penelitian yang digunakan penelitian kualitatif yang menggunakan teknik analisa data deskriftif kualitatif yaitu dengan menggunakan data primer yang didapat dari lapangan dengan menggunakan wawancara kepada sumber informasi, dan dengan menggunakan data sekunder yang di peroleh dari penelitian lapangan, aturan perundangan yang berkaitan denga permasalahan diteliti sehingga pada akhirnya bisa menjawab semua permasalahan yang ada dan selanjutnya disusun secara sistematis dalam bentuk skripsi. Dari Hasil Penelitian disimpulkan bahwa minat belajar siswa/i SD Negeri 73 Lebong sangat rendah hal di karenakan banyak siswa yang lebih cenderung ingin bermain dengan temannya dari pada mengerjakan tugas sekolah. Didukung juga orang tua yang kesehariannya tidak dirumah karena bekerja disawah dan dikebun. Kurangnya perhatian dari orang tua membuat siswa terlena dalam mengerjakan tugas yang guru berikan. Bentuk kerjasama yang dilakukan oleh guru dan orangtua adalah melakukan komunikasi dengan orangtua. Pertama ada dua teknik komunikasi yang dapat dilakukan untuk menjalin kerjasama guru dan orangtua yaitu teknik komunikasi resmi (formal), teknik komunikasi tidak resmi (non-formal), kedua keterlibatan orangtua pada pembelajaran anak dirumah, ketiga rapat wali murid bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan belajar siswa. Keempat hasil penilaian raport menjadi tolak ukur sejauh mana minat belajar siswa ketika belajar dirumah dan kelima rapat komite menjadi pemandu kerjasama antara guru dan orang tua dalam meningkatkan minat belajar siswa. Faktor penghambat kerjasama guru dan orang tua dalam meningkatkan minat belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di SD negeri 73 Lebong tersebut dapat dibedakan menjadi dua, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal bersumber dari pihak Sekolah itu sendiri. Sedangkan faktor eksternal bersumber dari pihak orangtua siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Pricillia, HafizahUNSPECIFIED
Nelson, NelsonUNSPECIFIED
Amin, MuhammadUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:17
Last Modified: 20 Feb 2023 09:17
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/959

Actions (login required)

View Item View Item