Anggraini, Oktaria and Warlizasusi, Jumira and Palupi Putri, Dini (2019) Analis Keseuaian RPP kURIKULUM 2013 terhadap Implementasi Pengajaran Guru di Kelas IV SDN 113 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.
Text
ANALISIS KESESUAIAN RPP KURIKULUM 2013 TERHADAP IMPLEMENTASI PENGAJARAN GURU DI KELAS IV SDN 113 REJANG LEBONG.pdf - Accepted Version Download (2MB) |
Abstract
RPP merupakan suatu perangkat pembalajaran yang harus disiapkan oleh guru agar pembelajaran dapat berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisian, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif. Namun permasalahan yang terlihat dalam proses belajar mengajar, guru tidak menggunakan RPP sebagai panduan atau pedoman dalam mengajar, dan kurangnya pengetahuan guru mengenai kurikulum 2013 sehingga RPP tidak terimplementasikan sepenuhnya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui RPP pada Kurikulum 2013 di kelas IV SDN 113 Rejang Lebong, (2) Untuk mengetahui pengajaran guru di kelas IV SDN 113 Rejang Lebong, (3) Untuk mengetahui kesesuaian RPP Kurikulum 2013 terhadap implementasi pengajaran guru di kelas IV SDN 113 Rejang Lebong Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yang menjadi subyek penelitian ini adalah guru tema wali kelas IV dan kepala sekolah sebagai informen pendukung. Metode dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Pengujian keabsahan data pada penelitian ini menggunakan uji kredibilitas data trianggulasi. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa: 1). RPP yang telah dibuat oleh guru tematik wali kelas IV SDN 113 Rejang Lebong ini sudah sesuai dengan format yang belaku pada kurikulum 2013 yang telah diterapkan di kelas dan sekolah tersebut. 2). Untuk proses pengajaran guru di kelas IV SDN 113 Rejang Lebong ini sudah cukup sesuai dengan kurikulum 2013 dimana dalam proses pembelajarannya menerapkan pembelajaran autentik dan menggunakan tema. 3). Kesesuain RPP kurikulum 2013 terhadap implementasi pengajaran guru di kelas IV SDN 113 Rejang Lebong ini terlihat tidak saling berhubungan karna guru mengajar berdasarkan buku tema dan tidak menjadikan RPP sebagai panduan dalam mengajar sehingga yang diajarkan guru berbeda dengan yang terdapat dalam RPP
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | RPP, Kurikulum 2013, Pengajaran Guru | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Mrs yuni hartini | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jan 2023 08:29 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jan 2023 08:29 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/958 |
Actions (login required)
View Item |