Pengembangan Model Pembelajaran Literasi Book Report Berbasis Self Regulated Learning Penguatan Terhadap Kognitif Sosial Mahasiswa

Maryati, Ana and Asha, Lukman and Fakhruddin, Fakhruddin (2025) Pengembangan Model Pembelajaran Literasi Book Report Berbasis Self Regulated Learning Penguatan Terhadap Kognitif Sosial Mahasiswa. Masters thesis, Institusi Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
DISERTASI ANA MARYANTI NIM 22901002 PRODI DOKTOR PAI IAIN CURUP TAHUN 2025.pdf - Accepted Version

Download (19MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian dan pengembangan model pembelajaran ini bertujuan untuk memunculkan kesadaran mahasiswa akan budaya membaca, menulis, menganalisis dan bertanggung jawab dengan apa yang dilakukannya, serta mampu memotivasi diri sendiri untuk memiliki perencanaan, target dan adanya sebuah tindakan, sehingga akan lahir mahasiswa yang memiliki kecerdasan secara kognitif dan kepedulian secara sosial, apalagi jika dikaitkan dengan muatan ilmu tauhid dan akhlak yang targetnya kesuksesan dalam hablu minallah wa hablu minnas. Jenis Penelitian yang d igunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development . Adapun prosedur penelitian ini yaitu: ADDIE, 1) Analisis: menganalisis kondisi yang digunakan saat ini dan menganalisi kebutuhan dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran khususnya matakuliah ilmu tauhid dan akhlak,2) Desain, merancang atau meramu model pembelajaran yang akan ditawarkan yakni model pembelajaran literasi book report berbasis self regulated learning guna meningkatkan kecerdasan baik secar a kognitif maupun sosial mahasiswa, 3) Development, pengembangan produk diawali dengan uji kelayakan validasi ahli dalam hal ini yaitu ahli materi, model, self regulated learning dan bahasa. 4 ) Implementasi, penerapan, untuk melihat seberapa bisa produk ini diterapkan maka butuh uji kepraktisan produk, dengan cara uji dari skala kecil yang terdiri dari 3 orang mahasiswa uji coba lapangan one to one dan small group dilanjutkan dengan FGD antar sesama dosen pengampuh matakuliah ilmu tauhid dan akhlak yang ada dilingkungan IAIN Curup guna meminta saran dan komentar akan ketepatan produk ini, 5. Evaluasi, dalam tahap ini melihat seberapa efektif dan efisiennya model ini digunakan dalam pembelajaran di kelas. Dengan cara mengevaluasi 2 kelas antara kelas control dan eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: mulai dari Analisis akan kondisi saat ini dan kebutuhan mahasiswa menunjukan butuhnya perubahan model pembelajaran, beranjak dari need analisis tersebut didesainlah sebuah produk yang akan menjawab kebutuhan mahasiswa, dari 177 mahasiswa yang menjadi sample peneliti maka diperoleh 88,76 % menyatakan butuh model pembelajaran b ook report , dan jika dilihat dari uji tim validasi ahli maka diperoleh dari ahli materi 95,83. Self regulated learning , 96, model 97 serta bahas 9 8, dari tim ahli ini maka peneliti menyimpulkan produkini layakuntukdikembangkan,ditambah dengan hasil forum group diskusi (FGD) dengan utusan para kordinator kelas dan dosen pengampu mata kuliah ilmu tauhid dan akhlak dari hasil saran tan tanggapan, maka model ini juga layak disebarkan guna untuk dipraktekkan, dan untuk uji kelayakanpun sudah di uji mulai dari one to one, small group hingga mengadakan pretest dan post test terhadap 2 kelas control dan kelas eksperimen, Adapun hasil tes menggunakan alat bantu SPSS:29, dengan hasil tes awal atau Pretest dengan rumus hasil T hitung < dari Ttable dengan nilai sig ≥0.05, maka Ho diterima, ha ditolakb berarti tdk ada keterkaitan , jika Thitung > dari Ttable dengan nilai sig.≤ 0.05, maka ho ditolak, ha diterima, artinya ada keterkaitan. Adapun nilai pretest : 1.085 < 2. 093 dengan nilai sig . 0 83 > 0.05 jadi h o dit erima, h a ditolak, sehingga terdapat perbedaan secara signifikan dari variable tersebut Ho tidak ada keterkaitan . Serta hasil Postest -1 5.482 > 2.2 28 dengan nilai sig. 0.037 > 0.05 ho ditolak ha diterima, sehingga terdapat keterkaitain secara signifikan dari variable tersebut jadi model pembelajaran literasi book report berbasis SRL terhadap kognitif sosial dahasiswa dan model tersebut layak dikembangkan. Kata Kunci: Pengembangan Model Pembelajaran Literasi Book Report, Self Regulated Learning, Penguatn Terhadap Kognitif Sosial Mahasiswa

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Maryati, Anaanamaryati@iaincurup.ac.id
Asha, Lukmanlukman.asha@iaincurup.ac.id
Fakhruddin, Fakhruddinfakhruddin@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
Divisions: > Pendidikan Agama Islam-S2
> Pendidikan Agama Islam-S2
> Pendidikan Agama Islam-S2
> Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 11 Nov 2025 08:01
Last Modified: 11 Nov 2025 08:01
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9494

Actions (login required)

View Item View Item