Wahyu Nugroho, Emeraldo and Harmi, Hendra and Apriani, Eka (2025) Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Mahasiswa Prodi PAI dalam Mata Kuliah Psikologi Pendidikan di IAIN Curup. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
Full Text.pdf - Accepted Version Download (3MB) |
Abstract
Kecerdasan interpersonal merupakan kompetensi krusial bagi calon pendidik, namun terdapat kesenjangan antara tuntutan profesi yang ideal dengan realitas di lapangan, di mana sebagian mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN Curup masih menunjukkan keterbatasan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan kecerdasan interpersonal mahasiswa Prodi PAI dalam mata kuliah Psikologi Pendidikan, dan (2) mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhinya. Mata kuliah Psikologi Pendidikan dipilih karena perannya yang strategis sebagai "laboratorium" pengembangan diri yang memadukan fondasi teoretis dan arena praktis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari lima mahasiswa PAI, dosen pengampu mata kuliah Psikologi Pendidikan, dan Ketua Program Studi PAI. Data dianalisis melalui tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan kredibilitas data diuji menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pengembangan berlangsung sistematis, diawali dari motivasi internal mahasiswa, dilanjutkan dengan pembentukan fondasi kognitif melalui materi teoretis, lalu diinternalisasi melalui metode pembelajaran interaktif yang berfungsi sebagai "laboratorium sosial". Proses ini menghasilkan dampak transformatif berupa peningkatan kepercayaan diri, kolaborasi, dan empati. (2) Faktor pendukung utama adalah faktor internal mahasiswa (sikap terbuka, growth mindset) dan faktor eksternal berupa ekosistem pembelajaran yang kondusif (peran dosen sebagai fasilitator, suasana kelas yang aman). Faktor penghambat utamanya adalah kurangnya rasa percaya diri mahasiswa dan tantangan dalam dinamika kelompok. Simpulannya, mata kuliah Psikologi Pendidikan yang dirancang sebagai ekosistem suportif terbukti efektif menjadi wahana pengembangan kecerdasan interpersonal mahasiswa secara holistik
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education | ||||||||
Divisions: | > Pendidikan Agama Islam-S2 > Pendidikan Agama Islam-S2 > Pendidikan Agama Islam-S2 > Pendidikan Agama Islam-S2 |
||||||||
Depositing User: | akun4 akun4 | ||||||||
Date Deposited: | 23 Sep 2025 03:18 | ||||||||
Last Modified: | 23 Sep 2025 03:18 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9487 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |