Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Menggunakan Teori Konstruktivisme Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Di Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 05 Curup Selatan

Ramadani, Nadia Putri and Wanto, Deri and Maharani, Mega Silvi (2025) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Menggunakan Teori Konstruktivisme Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Di Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 05 Curup Selatan. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.

[img] Text
Skripsi Nadia Putri Ramadani.pdf

Download (43MB)

Abstract

Nadia Putri Ramadani, NIM. 21591140 “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Menggunakan Teori Kontruktivisme Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas V Sd Muhammadiyah 05 Curup Selatan”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila melalui penerapan teori konstruktivisme di kelas V SD Muhammadiyah 05 Curup Selatan. Teori konstruktivisme menekankan pada proses pembelajaran yang aktif, di mana peserta didik membangun sendiri pemahaman mereka melalui pengalaman, diskusi, dan keterlibatan langsung dalam kegiatan belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam terhadap guru dan siswa, observasi langsung kegiatan pembelajaran, serta dokumentasi berupa foto kegiatan, catatan lapangan, dan arsip tugas siswa seperti hasil diskusi, karangan, dan poster. Fokus penelitian diarahkan pada indikator berpikir kritis, yang mencakup kemampuan menganalisis, menyintesis, mengenali dan memecahkan masalah, menyimpulkan, serta mengevaluasi gagasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teori konstruktivisme telah diterapkan secara efektif, dengan guru berperan sebagai fasilitator yang menciptakan lingkungan belajar yang dialogis dan partisipatif. Penerapan pendekatan ini juga mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam mengenali, menganalisis, dan mengevaluasi isu-isu sosial berdasarkan nilai-nilai Pancasila. Temuan ini menegaskan bahwa pendekatan konstruktivistik yang kontekstual, reflektif, dan berbasis nilai mampu menjadikan Pendidikan Pancasila sebagai sarana efektif dalam pembentukan karakter dan penguatan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada siswa sekolah dasar. Dengan demikian, pendekatan konstruktivisme dapat disarankan pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa di tingkat sekolah dasar. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Teori Konstruktivisme, Pendidikan Pancasila, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ramadani, Nadia PutriUNSPECIFIED
Wanto, Derideriwanto@iaincurup.ac.id
Maharani, Mega Silvimegaselvimaharani@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 17 Sep 2025 03:37
Last Modified: 17 Sep 2025 03:37
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9456

Actions (login required)

View Item View Item