Rasionalitas Ekonomi dan Religiusitas Analisis Preferensi Konsumen dalam Memilih Produk Makanan Non-Sertifikasi Halal

Khasanah, Maria Ulfa and Alparedi, Topan and Wijaya, Harianto (2025) Rasionalitas Ekonomi dan Religiusitas Analisis Preferensi Konsumen dalam Memilih Produk Makanan Non-Sertifikasi Halal. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.

[img] Text
Maria Ulfa Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku konsumen di Kecamatan Megang Sakti dalam merasionalisasi pilihan mereka terhadap produk non-sertifikasi halal. Fokus penelitian diarahkan pada tiga aspek utama, yaitu factor harga, rasa, dan kebiasaan sosial yang membentuk keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam kepada masyarakat setempat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga dan nilai ekonomis merupakan faktor dominan yang mendorong konsumen untuk memilih produk tanpa label halal, terutama produk lokal buatan tetangga. Selain itu, rasa juga memiliki bobot signifikan dalam keputusan pembelian, di mana konsumen menilai produk non-logo lebih gurih dan lezat dibandingkan produk pabrikan. Sementara itu, aspek religiusitas tidak diabaikan, melainkan bertransformasi melalui mekanisme kepercayaan sosial (social trust) dan praktik 'urf (adat kebiasaan), dengan menjadikan identitas produsen Muslim yang dikenal sebagai jaminan halal alternatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa perilaku konsumen di Megang Sakti merupakan hasil kombinasi antara logika ekonomi, preferensi hedonis, dan rasionalisasi religious berbasis sosial. Dengan demikian, konsumen tidak hanya digerakkan oleh kepentingan material, tetapi juga oleh nilai-nilai budaya dan religius yang melekat dalam kehidupan sehari-hari. Kata kunci: perilaku konsumen, sertifikasi halal, harga, rasa, 'urf, maqashid al- syari'ah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Khasanah, Maria Ulfamariaulfakhasanah68@gmail.com
Alparedi, Topantopanalparedi@iaincurup.coid
Wijaya, Hariantohariantowijaya@iaincurup.co.id
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 17 Sep 2025 04:19
Last Modified: 17 Sep 2025 04:19
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9450

Actions (login required)

View Item View Item