Wahyuni, Adis Sri and Nasution, Aida Rahmi and Yulizah, Yosi (2025) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Animaker Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS di Mis 14 Talang Ulu. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.
![]() |
Text
ADIS SRI WAHYUNI FullText.pdf - Accepted Version Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan media animasi berbasis animaker terhadap hasil belajar IPAS siswa di MIS 14 Talang Ulu.Pembelajaran IPAS sering kali mengalami kendala dalam mengoptimalkan pemahaman konsep dan keterampilan siswa. Hal ini dapat berdampak pada hasil belajar siswa yang cenderung kurang optimal. Oleh karena itu, metode pembelajaran yang inovatif dan interaktif diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk dalam kategori kuantitatif dengan desain true experimental design dengan jenis desain yaitu pretest-posttest control group design. Untuk mengumpulkan data, digunakan metode observasi, tes, dandokumentasi. Populasi penelitian terdiri dari 44 siswa, dengan 22 siswa di kelas IVA sebagai kelompok kontrol dan 22 siswa di kelas IVB sebagai kelompok eksperimen, yang dipilih menggunakan teknik sampling jenuh. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) dalam pelaksanaan pembelajaran media animasi berbasis animaker terhadap hasil belajar IPAS siswa di MIS 14 Talang Ulu pembelajaran yang telah terlaksana sebanyak empat kali pertemuan menunjukan bahwa aktivitas pembelajaran efektif. (2) Sebelum menerapkan Media pembelajaran animasi berbasis animaker, nilai rata-rata pre-test untuk hasil belajar IPAS di kelas IV Kontrol menunjukkan angka 21 untuk kelas IVA 31 dan untuk kelas IVB yang merupakan kelas eksperimen. Hal ini menunjukkan bahwa kedua kelompok memiliki tingkat kemampuan awal yang serupa, dengan hasil belajar matematika mereka pada tahap ini masih berada dalam kategori rendah. (3) Hasil belajar IPAS siswa kelas IV yang menggunakan Media Pembelajaran animasi berbasis animaker menunjukkan nilai rata-rata post-test sebesar 83,48 di kelas IVB eksperimen. Sebaliknya, kelas IVA kontrol yang menerapkan metode konvensional hanya mencapai rata-rata nilai post-test sebesar 62,05. Data ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPAS di kelas eksperimen lebih tinggi dan lebih merata dibandingkan dengan kelas kontrol. .(4)Terdapat pengaruh signifikan dari Pembelajaran media animasi berbasis animaker terhadap hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah 14 Talang Ulu. Hasil uji independent sampel t test menunjukkan nilai t sebesar 1.792 dengan signifikansi 0,80 yang lebih kecil dari 0,05. Ini berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang menandakan bahwa penerapan Model Pembelajaran media Animasi Berbasis Animaker memberikan dampak positif terhadap hasil belajar IPAS di kelas IV. Selain itu, hasil belajar siswa di kelas eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education L Education > LB Theory and practice of education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun4 akun4 | ||||||||
Date Deposited: | 17 Sep 2025 03:58 | ||||||||
Last Modified: | 17 Sep 2025 03:58 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9447 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |