Syifa Azizah, Firda and Zulaiha, Siti and Meldina, Tika (2025) Pelaksanaan Asesmen Sumatif pada Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Min) Se- Kabupaten Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
Firda Fulltext.pdf - Accepted Version Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK FIRDA SYIFA AZIZAH, NIM. 21591078 ‘’Pelaksanaan Asesmen Sumatif pada Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Se- Kabupaten Rejang Lebong’’. Skripsi pada program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN CURUP. Pelaksanaan asesmen sumatif dalam Kurikulum Merdeka memiliki peran penting dalam mengukur capaian pembelajaran siswa sekaligus menjadi dasar evaluasi terhadap keberhasilan proses belajar mengajar. Asesmen ini tidak hanya digunakan untuk mengetahui hasil akhir belajar siswa, tetapi juga memberikan gambaran sejauh mana strategi pembelajaran yang diterapkan guru mampu mencapai kompetensi yang ditetapkan dalam kurikulum. Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kabupaten Rejang Lebong, asesmen sumatif sudah dilaksanakan, namun dalam praktiknya masih ditemui berbagai hambatan, baik dari sisi fasilitas, perbedaan kemampuan siswa, maupun motivasi belajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan asesmen sumatif dalam Kurikulum Merdeka di MIN se-Kabupaten Rejang Lebong; dan 2) Mengidentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan asesmen sumatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala madrasah, guru, dan tenaga pendidik di MIN se-Kabupaten Rejang Lebong. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model Miles & Huberman melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, teknik, dan waktu agar hasil penelitian dapat dipercaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Se-Kabupaten Rejang Lebong sudah melaksanakan Asesmen Sumatif pada Kurikulum Merdeka, dengan kegiatan penilaian dilakukan melalui Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilaian Akhir Semester (PAS), serta penilaian akhir tema atau bab. Bentuk penilaian yang paling banyak digunakan masih berupa tes tertulis seperti pilihan ganda, uraian, dan isian singkat, meskipun sudah mulai dilengkapi dengan penilaian lisan, praktik, dan proyek. 2) Faktor pendukung dalam pelaksananaan Asesmen ini meliputi dukungan kepala sekolah, serta semangat komitmen antar guru. Sementara itu faktor penghambat yang di hadapi adalah Pelaksanaan asesmen sumatif di MIN Se-Kabupaten Rejang Lebong masih menghadapi hambatan berupa keterbatasan sarana prasarana, rendahnya literasi sebagian siswa, keterbatasan pemahaman guru terhadap asesmen autentik, serta pengelolaan data asesmen yang belum sistematis. Kata Kunci: Asesmen Sumatif, Kurikulum Merdeka, Faktor Pendukung dan Penghambat
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education L Education > LC Special aspects of education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun4 akun4 | ||||||||
Date Deposited: | 15 Sep 2025 07:40 | ||||||||
Last Modified: | 15 Sep 2025 07:40 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9444 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |