Nopindahara, Dika and Wahyudi, Edi and Putra, Hastha Purna (2025) Pengaruh Metode Two Stay Two Stray (Tsts) Terhadap Hasil BelajarIlmu Pengetahuan Sosial (IPS) Peserta Didik Kelas V SDN 134 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.
![]() |
Text
Nopi Fulltext.pdf - Accepted Version Download (6MB) |
Abstract
Berdasarkan observasi awal di kelas V terdapat beberapa faktor yang melatarbelakangi munculnya kesulitan peserta didik dalam pembelajaran, yaitu peserta didik kurang memperhatikan penjelasan dari pendidik Ketika pembelajaran sedang berlangsung, banyak peserta didik yang bermain di kelas, Ketika di rumah peserta didik tidak mengulang kembali pelajaran yang telah di pelajari, rendahnya hasil belajar peserta didik pun bisa dikarenakan pembelajaran yang kurang efektif dan membosankan. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Untuk mengetahui hasil belajar IPS peserta didik yang diajar tanpa menggunakan metode Two Stay Two Stray di SDN 134 Rejang Lebong. 2) Untuk mengetahui hasil belajar IPS peserta didik setelah di berikan perlakuan dengan metode pembelajaran Two Stay Two Stray di SDN 134 Rejang Lebong. 3) Untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan penggunaan model two stay two stray terhadap hasil belajar IPS siswa di SDN 134 Rejang Lebong. Jenis penelitian yaitu kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen. Dengan menggunakan metode quasi eksperimen, yaitu menggunakan kelas Eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini di lakukan di kelas V. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji-t). Hasil penelitian menujukan hasil belajar tergolong rendah dengan nilai rata-rata 63,21, sehingga setelah di terapkannya model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) hasil belajar peserta didik meningkat dengan nilai rata-rata 83,03. Berdasarkan hasil uji paired t-test diperoleh nilai sig 0.001< 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa HO ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V di SDN 134 Rejang Lebong. Kata Kunci : Model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS), hasil belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education L Education > LB Theory and practice of education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun4 akun4 | ||||||||
Date Deposited: | 16 Sep 2025 08:53 | ||||||||
Last Modified: | 16 Sep 2025 08:53 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9442 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |