Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (Sfae) dengan Media Gambar terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Sdn134 Rejang Lebong

Julianti, Zela and Wahyuningsih, Wiwin Arbani and Putra, Muksal Mina (2025) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (Sfae) dengan Media Gambar terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Sdn134 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Zela Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK ZELA JULIANTI, NIM.20591219 “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) Dengan Media Gambar Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Keles V SDV 134 Rejang Lebong’’ Skripsi Pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah IAIN Curup. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 134 Rejang Lebong pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk :1) Mengetahui bagaimana keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V di SDN 134 Rejang Lebong tidak menggunakan dan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE). 2) Mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) dengan media gambar terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V di SDN 134 Rejang Lebong pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Bentuk preeksperimental design yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperiment one group pretest posttest yaitu eksperimen yang dilakukan pretest sebelum diberi perlakuan, sehingga hasil perlakuan dapat diketahui lebih akurat. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN 134 Rejang Lebong. Hasil test keterampilan berbicara siswa bahwa nilai prettest memperoleh nilai minimum 40, nilai maximum 68, dengan nlai rata-rata 55, 09. Sedangka untuk nilai posttest memperoleh nilai minimum 72, nilai maximum 92, dengan nilai rata-rata 83,45. Berdasarkan hasil uji paired t-test diperoleh nilai sig 0.001< 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa HO ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) terhadap keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V di SDN 134 Rejang Lebong. Kata Kunci: Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE), Keterampilan Berbicara

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Julianti, Zelazelajulianti3@gmail.com
Wahyuningsih, Wiwin Arbaniwiwinarbaniw@iaincurup.ac.id
Putra, Muksal Minamuksalminaputra@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 15 Sep 2025 08:11
Last Modified: 15 Sep 2025 08:11
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9440

Actions (login required)

View Item View Item