Analisis Efektivitas dan Layanan Penggunaan BYOND By BSI Terhadap Kepuasaan Nasabah Di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Curup

Arianto, Phiony and Pefriyadi, Pefriyadi and Fitmawati, Fitmawati (2025) Analisis Efektivitas dan Layanan Penggunaan BYOND By BSI Terhadap Kepuasaan Nasabah Di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Curup. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PHIONY ARIANTO - 21631051 - PERBANKAN SYARIAH_compressed.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Phiony Arianto, Nim 21631051 “Analisis Efektivitas dan Layanan Penggunaan BYOND By BSI Terhadap Kepuasaan Nasabah Di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Curup”. Skripsi Program Studi Perbankan Syariah (PS). Perkembangan teknologi digital telah mendorong transformasi signifikan dalam industri perbankan, termasuk perbankan syariah di Indonesia. Salah satu bentuk inovasi yang hadir adalah aplikasi BYOND by BSI yang diluncurkan pada tahun 2024 sebagai pengganti BSI Mobile. Aplikasi ini dirancang sebagai SuperApp guna meningkatkan efisiensi layanan, kenyamanan nasabah, serta mendukung transaksidiketahui bahwa belum seluruh nasabah bermigrasi ke platform BYOND, meskipun aplikasi ini berpotensi meningkatkan kualitas pelayanan dan pengalaman nasabah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana efektivitas dan layanan penggunaan BYOND by BSI mempengaruhi kepuasaan nasabah di BSI KCP efektivitas Curup.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Sampel berjumlah 98 orang yang dipilih menggunakan rumus Slovin dari populasi sebanyak 3.850 nasabah. Data dikumpulkan melalui kuesioner, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa varabel efektivitas pengguna (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, memiliki tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05 nilai T-statistik lebih besar dari 1,66. dari varibel kepuasan nasabah. Variabel layanan (X2) berpengaruh positif dan signifikansi lebih kecil dari 0.05 nilai T-statistik leboih besar dari 1’66. Secara simultan, kedua varibel efektivita pengguna dan layanan terbukti signifikansi memenuhi kepuasan nasabah dengan nilai F-statistik lebih besar 2,70 dan memiliki tingkat sihnifikansi lebih kecil dari 0,05. Hal ini diartikan bahwa efektivitas dan layanan yang berkualitas merupakan faktor kunvi dalam meningkatkan efektivitas, kepuasan dan layanan nasabah Kata Kunci: Efektivitas, Layanan Digital, BYOND by BSI, Kepuasaan Nasabah, Bank Syariah Indonesia

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Arianto, PhionyPhionyArianto23@gmail.com
Pefriyadi, Pefriyadipefriyadi@iaincurup.ac.id
Fitmawati, Fitmawatifitmawati@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 15 Sep 2025 04:32
Last Modified: 15 Sep 2025 04:32
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9426

Actions (login required)

View Item View Item