Hambatan Implementasi Pendekatan Pembelajaran Diferensiasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SD Negeri 28 Rejang Lebong Tahun 2025

Sandi, Redian and Gunawan, Guntur and Yulizah, Yosi (2025) Hambatan Implementasi Pendekatan Pembelajaran Diferensiasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SD Negeri 28 Rejang Lebong Tahun 2025. Sarjana thesis, INTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
REDIAN SANDI.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK REDIAN SANDI, NIM. 19591174 “Hambatan Implementasi Pendekatan Pembelajaran Diferensiasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SD Negeri 28 Rejang Lebong Tahun 2025”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pendekatan yang menyesuaikan proses belajar mengajar dengan kebutuhan, minat, dan gaya belajar masing-masing siswa. Pendekatan ini bertujuan untuk mengakomodasi keberagaman peserta didik agar setiap siswa dapat mencapai potensi maksimalnya. Namun, dalam praktiknya, guru menghadapi berbagai kendala dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Hambatan tersebut mencakup keterbatasan sarana dan prasarana (sarpras), waktu yang terbatas, serta kurangnya pelatihan yang mendalam mengenai strategi pembelajaran ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan implementasi pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 28 Rejang Lebong tahun 2025. Penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang berfokus pada pengumpulan dan analisis data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi video. Lokasi penelitian berada di Desa Jabi, Kecamatan Sindang Beliti Ulu, Kabupaten Rejang Lebong, dari 24 Februari hingga 24 Mei 2025. Meskipun responden yang diharapkan mencakup berbagai unsur sekolah, hanya satu guru mata pelajaran dan kepala sekolah yang bersedia menjadi partisipan. Hasil wawancara menunjukkan sejumlah hambatan dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi, seperti kesulitan mengenali perbedaan kebutuhan siswa, perbedaan kecepatan dan kemampuan belajar, keterbatasan alat penilaian, serta latar belakang sosial, ekonomi, dan budaya siswa. Hambatan utama yang paling disoroti adalah minimnya sarpras yang sangat memengaruhi keberhasilan penerapan pembelajaran berdiferensiasi di sekolah tersebut. Kata Kunci : Hambatan Implementasi Pendekatan Berdiferensiasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sandi, Redianrediansandi@gmail.com
Gunawan, Gunturgunturgunawan@iaincurup.ac.id
Yulizah, Yosichieyosi@iaincurup.ac.id
Uncontrolled Keywords: Hambatan Implementasi Pendekatan Berdiferensiasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun9 akun 9 akun9
Date Deposited: 15 Sep 2025 04:57
Last Modified: 15 Sep 2025 04:57
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9421

Actions (login required)

View Item View Item