Endah Afifah, Nur and Oktori, Agus Riyan and Yulizah, Yosi (2025) Pengaruh Pendekatan Mikir terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ipas Kelas IV di SD Negeri 32 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
Endah Fulltext.pdf - Accepted Version Download (8MB) |
Abstract
xi ABSTRAK NUR ENDAH AFIFAH, NIM 20591133”Pengaruh Pendekatan MIKIR Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di SD Negeri 32 Rejang Lebong”. Skripsi Pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini di latar belakangi adanya permasalahan rendahnya hasil belajar siswa karena pembelajaran hanya menggunakan model pembelajaran yang monoton atau model pembelajaran konvensional dan berpusat pada guru saja. Peneliti memutuskan untuk menggunakan Pendekatan MIKIR upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui pelaksanaan pendekatan MIKIR di pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial, 2) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik setelah diberi perlakuan dengan Pendekatan MIKIR, 3) untuk mengetahui pengaruh pendekatan MIKIR terhadap hasil belajar siswa Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial di SD Negeri 32 Rejang Lebong. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif. Penelitian ini merupakan eksperimen. Dengan metode pre-experimental. Desain penelitian ini One group pretest posttest design merupakan desain yang dilakukan hanya pada satu kelompok atau satu kelas saja. Penelitian ini dilakukan di Kelas IV. Teknik pengumpulan data yaitu, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, dan uji hipotesis (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa. Nilai rata-rata pretest sebesar 47,88 meningkat menjadi 81,15 pada posttest. Uji hipotesis menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah diterapkan pendekatan MIKIR. Dengan demikian, pendekatan MIKIR berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 32 Rejang Lebong pada mata pelajaran IPAS. Kata Kunci: Pendekatan MIKIR, Hasil Belajar, IPAS, Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun4 akun4 | ||||||||
Date Deposited: | 15 Sep 2025 03:46 | ||||||||
Last Modified: | 15 Sep 2025 03:46 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9412 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |