Arnisah, Yuni and Sagiman, Sagiman and Yulizah, Yosi (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Paikem Gembrot terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Ipas Kelas III di SD Negeri 52 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
Yuni Arnisah Full Text.pdf - Accepted Version Download (3MB) |
Abstract
Yuni Arnisah (21591247), Judul Skripsi “Pengaruh Model Pembelajaran PAIKEM GEMBROT Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas III di SD Negeri 52 Rejang Lebong”. Program Studi Pendidika Guru Madrasah Ibtidaiyah, Angkatan 2021 IAIN Curup. Penenelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas III SD Negeri 52 Rejang Lebong, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa sebelum menngunakan model pembelajaran PAIKEM GEMBROT pada mata Pelajaran IPAS, Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan model pembelajaran PAIKEM GEMBROT pada mata Pelajaran IPAS, Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model PAIKEM GEMBROT terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata Pelajaran IPAS kelas III SD Negeri 52 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimen one group pretest-posttest. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 52 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data yaitu tes tertulis yang berupa soal pilihan ganda digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dalam penggunaan model pembelajaran PAIKEM GEMBROT. Analisis data dilakukan dengan Teknik statistic deskriptif untuk mengetahui sejauh mana model pembelajaran ini berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian kemampuan berpikir kritis siswa sebelum menggunakan model pembelajaran PAIKEM GEMBOT dilihat dari nilai hasil pretest yang mempunyai rata-rata 56, Sesudah menggunakan medel pembelajaran PAIKEM GEMBROT, rata-rata skor posttest meningkat menjadi 77, hal ini juga didukung dari hasil uji N-Gain memperoleh hasil 0,47 mana hasil tersebut tergolong (sedang), hal ini membuktikan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis paired simple T-test diketahui nilai sig. (2 tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Hα diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model PAIKEM GEMBROT (variabel X) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (variabel Y) pada mata Pelajaran IPAS kelas III SD Negeri 52 Rejang Lebong. Kata kunci: Model PAIKEM GEMBROT, kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPAS
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun2 akun2 | ||||||||
Date Deposited: | 15 Sep 2025 04:01 | ||||||||
Last Modified: | 15 Sep 2025 04:01 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9402 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |