Anggraini, Tia and Zulaiha, Siti and Rahma Ningtyas, Amanah (2025) Problematika Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka di SDN 02 Kepahiang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
Tia Fulltext.pdf - Accepted Version Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK TiaAngggraini, (NIM.21591211),”Problematika Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Di SDN 02 Kepahiang”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Pembelajaran berdiferensiasi ini sudah aktif di terapkan di SD Negeri 02 Kepahiang bersamaan dengan diterapkannya Kurikulum Merdeka. Meskinpun penerapan pembelajaran berdiferensiasi ini sudah aktif diterapkan, dalam menerapkan pembelajaran ini tidak terlepas dari berbagai permasalahan yang sering dihadapi oleh gurunya maka penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran berdiferensiasi di kelas IV SD Negeri 02 Kepahiang 2) Untuk mengetahui Problematika guru dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di kelas IV SD Negeri 02 Kepahiang 3) Untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi problematika ketika menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di kelas IV SD Negeri 02 Kepahiang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah SD Negeri 02 Kepahiang, Wali kelas IVA, B dan C, serta peserta didik kelas IV. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan yang digunakan berupa observasi,dokumentasi dan wawancara, serta menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka di SD Negeri 02 Kepahiang sudah terlaksana sesuai dengan pedoman yang mana guru sudah menyesuaikan proses pebelajaran sesuai dengan gaya belajar siswa,minat siswa dan kemampuan masing-masing siswa 2) Problematika yang sering dihadapi oleh guru ketika menerapkan pembelajaran berdiferensiasi pada kelas IV meliputi Keterbatasan waktu,Kurangnya sarana penunjang pembelajaran serta perbedaan pemahaman peserta didik.3) Upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi problematika tersebut diantaranya menyusun prioritas materi, menyusun cara mengajar dengan kondisi siswa, memberikan tugas sesuai dengan kemampuan siswa, memaksimalkan fasilitas yang ada, dan mengikuti kegiatan KKG (Kelompok kerja guru). Kata Kunci: Problematika Guru, Pembelajaran Berdiferensiasi, Kurikulum Merdeka
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun4 akun4 | ||||||||
Date Deposited: | 18 Sep 2025 03:55 | ||||||||
Last Modified: | 18 Sep 2025 03:55 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9389 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |