Keseimbangan Hak dan Kewajiban Siswa di SDN 114 Rejang Lebong

Sinta Wati, Isgi and Harmi, Hendra and Rahma Ningtyas, Amanah (2025) Keseimbangan Hak dan Kewajiban Siswa di SDN 114 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Isgi Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Isgi Sinta Wati, NIM. 21591106 “Keseimbangan Hak dan Kewajiban Siswa Di SDN 114 Rejang Lebong”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini dilatarbelakangi dari upaya untuk menjaga keseimbangan hak dan kewajiban siswa, seperti metode ceramah, tanya jawab, serta pelaksanaan hak dan kewajiban siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keseimbangan hak dan kewajiban siswa serta faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek kepala sekolah, wali kelas, dan siswa. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan teknik reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Penelitian ini juga menggunakan triangulasi sumber dan teknik untuk menguji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keseimbangan hak dan kewajiban siswa yaitu terdapat 5 aspek yaitu 1) Hak untuk mendapatkan pembelajaran yang berkualitas, 2) hak untuk mendapatkan materi pelajaran yang jelas 3) Hak untuk mendapatkan bimbingan tambahan 4) Hak untuk merasa aman dan terlindungi 5) Hak berpartisipasi dalam kegiatan sekolah. Sedangkan kewajiban siswa ada 5 aspek yaitu 1) kewajiban untuk datang tepat waktu 2) kewajiban membuang sampah 3) kewajiban untuk menghormati guru, staf sekolah dan teman 4) kewajiban untuk ikut berpartisipasi aktif dalam pembelajaran 5) kewajiban menjaga nama baik sekolah. Faktor yang mempengaruhi hak dan kewajiban siswa terdapat pada 2 faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Hak siswa faktor internal berasal dari dalam diri individu seperti motivasi, minat dan bakat, kondisi fisik, kemampuan akademik dan karakter atau kepribadian dan faktor eksternalnya berasal dari lingkungan sekolah, kualitas pengajaran, dukungan orang tua, tekanan teman sebaya dan kesehatan. Sedangkan kewajiban siswa terdapat 2 faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Kewajiban siswa Faktor internal berasal dari dalam diri yaitu mengenai Kesehatan, minat dan bakat, motivasi dan kecerdasan dan faktor eksternalnya yaitu berasal dari lingkungan yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, teman sebaya dan kondisi social ekonomi. Kata Kunci : Keseimbangan Hak dan Kewajiban siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sinta Wati, Isgiisgisinta8@gmail.com
Harmi, Hendrahendra.harmi@iaincurup.ac.id
Rahma Ningtyas, Amanahamanahrahma@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 18 Sep 2025 04:06
Last Modified: 18 Sep 2025 04:06
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9387

Actions (login required)

View Item View Item