Pengaruh Keamanan, Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah BSI Kcp Martapura Pasca Peretasan dan Gangguan Layanan

Setiawan, Ari and Ilhamiwati, Mega and Silvia, Sineba Arli (2025) Pengaruh Keamanan, Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah BSI Kcp Martapura Pasca Peretasan dan Gangguan Layanan. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.

[img] Text
Ari fulltext.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keamanan, pelayanan, dan kepercayaan terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Pembantu (KCP) Martapura setelah insiden peretasan dan gangguan layanan. Insiden peretasan yang terjadi pada BSI pada tahun 2023 menyebabkan gangguan pada sistem operasional dan menimbulkan kekhawatiran nasabah terkait perlindungan data pribadi mereka. Hasil penelitian ini dapat menjadi masukan bagi BSI KCP Martapura, OJK dan BI dalam meningkatkan sistem perlindungan data yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian adalah nasabah BSI KCP Martapura yang berjumlah 4.500 nasabah. Sampel yang digunakan sebanyak 323 responden, diambil dengan teknik purposive sampling Analisis data menggunakan metode regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, keamanan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah (Y) dibuktikan dengan hasil nilai t hitung sebesar 5,349 dan nilai signifikansi sebesar 0,000, pelayanan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah (Y) dibuktikan dengan hasil nilai t hitung sebesar 3,458 dan nilai signifikansi sebesar 0,001, kepercayaan (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyaitas nasabah (Y) dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 2,963 dan nilai signifikansi sebesar 0,003. Secara simultan, ketiga variable independen tersebut yaitu keamanan (X1), pelayanan (X2) dan kepercayaan (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah (Y) dibuktikan dengan hasil nilai F hitung sebesar 19,036 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Hasil ini menunjukan bahwa langkah-langkah yang diambil BSI dalam mengatasi insiden peretasan berhasil menghilangkan rasa khawatir bagi nasabah, membuat nasabah terlayani dengan baik dan mengembalikan rasa percaya nasabah serta meningkatkan rasa loyalitas kepada BSI. Kata Kunci: Keamanan, pelayanan, kepercayaan, loyalitas

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Setiawan, Ariarilarariasti2008@gmail.com
Ilhamiwati, Megamega83.teyze@iaincurup.ac.id
Silvia, Sineba Arlinneba@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 15 Sep 2025 08:19
Last Modified: 15 Sep 2025 08:19
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9383

Actions (login required)

View Item View Item