Pengaruh Visual Merchandising dan Sales Promotion Terhadap Perilaku Impulsif Buying Mahasiswa dengan Self Control Sebagai Variabel Moderating

Putri, Desy Yulanda and Noprizal, Noprizal and Ranaswijaya, Ranaswijaya (2025) Pengaruh Visual Merchandising dan Sales Promotion Terhadap Perilaku Impulsif Buying Mahasiswa dengan Self Control Sebagai Variabel Moderating. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.

[img] Text
DESY YULANDA PUTRI (20681015).pdf

Download (5MB)

Abstract

Impulsif Buying atau yang lebih dikenal dengan perilaku impulsif adalah perilaku pembelian secara spontan dan tiba-tiba tanpa direncanakan terlebih dahulu disebabkan oleh dorongan hasrat yang tinggi untuk memiliki sebuah produk. Perilaku pembelian impulsif menjadi fenomena yang kian marak, khususnya di kalangan konsumen muda, seiring dengan maraknya strategi pemasaran yang bersifat visual dan promosi yang agresif, sehingga dibutuhkan kontrol diri yang baik agar terhindari dari perilaku impulsif. Penelitian ini untuk melihat pengaruh visual merchandising dan sales promotion terhadap perilaku impulsif buying dengan self control sebagai variabel moderating. Jenis penelitian ini ialah korelasional (asosiatif), dan pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi Prodi Ekonomi Syariah angkatan 2021- 2024 Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Curup berjumlah 128 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 95 orang diambil berdasarkan tabel isaac dan michael dengan tigkat kesalahan 5%. Teknik Analisis Data penelitian menggunakan SEM-PLS dengan Software Aplikasi SmartPLS 4.1. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruh visual merchandising(X1) terhadap perilaku impulsif buying dengan nilai P-Value 0.159 (>0.05), dan Tstatistic 1.409 (<1.98). Variabel sales promotion (X2) berpengaruh terhadap perilaku impulsif buying dengan nilai P-Value 0.000 (<0.05) dan T-statistic 7.283(>1.98). Variabel Self Control (M) tidak berpengaruh terhadap perilaku impulsive buying dengan nilai P-Value 0.738 (>0.05) dan T-statistic 0.335 (<1.98). Variabel visual merchandising (X1) berpengaruh terhadap self control dengan nilai PValue 0.001 (<0.05) dan T-statistic 3.339 (>1.98). Variabel sales promotion (X2) tidak berpengaruh terhadap self control dengan nilai P-Value 0.340 (>0.05), dan T-statistic 0.954 (<1.98). Variabel Self Control (M) belum mampu memoderasi visual merchandising (X1) terhadap perilaku impulsif buying (Y) dengan nilai PValue 0.749 (>0.05) dan T-statistic 0.320 (<1.98). Variabel Self Control (M) belum mampu memoderasi sales promotion (X2) terhadap perilaku impulsive buying (Y) dengan nilai P-Value 0.805 (>0.05) dan T-statistic 0.247 (<1.98) .Kata Kunci: Visual Merchandising, Sales Promotion, Impulsif Buying, Self Control

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Putri, Desy Yulandayolandadesy6@gmail.com
Noprizal, NoprizalNoprizal@gmail.com
Ranaswijaya, Ranaswijayaranaswijaya@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: akun6 akun6
Date Deposited: 15 Sep 2025 08:39
Last Modified: 15 Sep 2025 08:39
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9376

Actions (login required)

View Item View Item