Pengaruh Electronic Word Of Mouth dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Produk Natura World

Sundari, Lia and Istan, Muhammad and Ilhamiwati, Mega (2025) Pengaruh Electronic Word Of Mouth dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Produk Natura World. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.

[img] Text
fulltext.pdf

Download (4MB)

Abstract

Perilaku konsumen telah mengalami perubahan besar di era digital yang terus berkembang. Peningkatan ketergantungan pelanggan pada informasi online adalah salah satu perubahan yang paling mencolok. Konsumen pada era ini cenderung mencari, membaca, dan membandingkan ulasan dan rekomendasi tentang barang dan jasa sebelum melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada produk Natura World di Desa Taba Renah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik survei, data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini masyarakat desa Taba Renah. Sampel dalam penelitian ini adalah 75 responden. Instrumen penelitian menggunakan aplikasi SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel electronic word of mouth (X1) tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap minat beli (t-hitung 1,316: α =0,192>0,05). Sedangkan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap minat beli (t-hitung 5,633; α =0,000<0,05). Uji F simultan memperlihatkan pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli (f-hitung 34,641; α =0,000<0,05) dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,490, yang menunjukkan bahwa 49% variabel minat beli dapat dijelaskan oleh kedua variabel tersebut, dan sisanya 51% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Kata kunci: Electronic Word Of Mouth, Kualitas Produk, dan Minat Beli

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sundari, LiaUNSPECIFIED
Istan, MuhammadIstanmuhammad1975@gmail.com
Ilhamiwati, Megamega83.teyze@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 15 Sep 2025 08:08
Last Modified: 15 Sep 2025 08:08
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9374

Actions (login required)

View Item View Item