Pengaruh Financial Technology (Fintech) dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syari’ah Indonesia Studi Kasus Dosen IAIN Curup

Junafa, Arlin and Dewi, Ratih Komala and Ranaswijaya, Ranaswijaya (2025) Pengaruh Financial Technology (Fintech) dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syari’ah Indonesia Studi Kasus Dosen IAIN Curup. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.

[img] Text
Arlin Junafa Full Text.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Financial Technology (Fintech) dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia, dengan studi kasus pada dosen Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam di IAIN Curup. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh dosen Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Curup, dengan jumlah sampel sebanyak 31 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS 25. Dari hasil penelitian diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Financial Technology (Fintech) (X1) terhadap kepuasan nasabah (Y) dengan nilai thitung > ttabel yaitu 5,406 > 1,70113 atau sig 0,000 < 0,05, artinya terdapat pengaruh Financial Technology (Fintech) (X1) terhadap kepuasan Nasabah (Y) BSI di IAIN Curup secara parsial. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kualitas layanan (X2) dan kepuasan nasabah (Y) dengan nilai thitung > ttabel yaitu 2,680 > 1,70113 atau sig 0,012 < 0,05, artinya terdapat pengaruh Kualitas layanan (X2) terhadap kepuasan Nasabah (Y) BSI di IAIN Curup secara parsial. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Financial Technology (Fintech) dan Kualitas layanan secara simultan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai RSquare sebesar 0,614 dengan kontribusi variabel Financial Technology (Fintech) (X1) dan Kualitas layanan (X2) mampu menjelaskan vaiabel kepuasan nasabah sebesar 61,5% sementara sisanya 38,5% merupakan kontribusi dari variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian. Temuan ini memberikan implikasi bahwa peningkatan inovasi layanan berbasis teknologi serta peningkatan kualitas pelayanan secara konsisten dapat meningkatkan tingkat kepuasan nasabah pada Bank Syariah Indonesia. Kata Kunci: Financial Technology, Kualitas Layanan, Kepuasan Nasabah, Bank Syariah Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Junafa, ArlinUNSPECIFIED
Dewi, Ratih Komalaratih.komala@iaincurup.ac.id
Ranaswijaya, Ranaswijayaranaswijaya@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 15 Sep 2025 08:43
Last Modified: 15 Sep 2025 08:43
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9371

Actions (login required)

View Item View Item