Respon Minat Siswa Terhadap Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual pada Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas IV SDN 32 Rejang Lebong

Triani, Mulia and Asha, Lukman and Febriansyah, Febriansyah (2025) Respon Minat Siswa Terhadap Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual pada Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas IV SDN 32 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.

[img] Text
SKRIPSI MULIA .pdf

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan media pembelajaran, khususnya bagaimana respon minan siswa terhadap media pembelajaran berbasis audio visual pada mata pelajaran ipas telah memberikan kontribusi signifikan dalam inovasi pen-didikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana respon mi-nan siswa terhadap media pembelajaran berbasis audio visual pada mata pelajaran ipas. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan Sampel penelitian terdiri dari dua kelas sebanyak 20 kelas A dan 15 kelas B siswa kelas 4 SDN 32 Rejang Lebong ditentukan dengan teknik sampling jenuh dan menggunakan rumus mean,median,modus dan TCR. Instrumen penelitian berupa angket skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya (Cronbach’s Alpha = 0,70). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat respon minat siswa ter-hadap media pembelajaran berbasis audio visual berada pada kategori baik dengan nilai Tingkat Capaian Minat (TCR) sebesar 79,3%. Aspek paling dominan adalah respon kesukaan siswa dengan nilai TCR sebesar 79,9%, yang menunjukkan bahwa siswa cenderung lebih suka belaajar menggunakan audio vsual. Kesimpulannya, respon minat siswa terhadap media pembelajaran berbasis audio visual berada pada kategori baik, teru-tama untuk meningkatkan daya kreativitas anak. Kata Kunci:Respon siswa,minat belajar, Media pembelajaran, Audio Visual, IPAS,

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Triani, Muliamuliairiyani@gmail.com
Asha, Lukmanlukman.asha@iaincurup.ac.id
Febriansyah, Febriansyahfebriansyah@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun9 akun 9 akun9
Date Deposited: 15 Sep 2025 04:02
Last Modified: 15 Sep 2025 04:02
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9359

Actions (login required)

View Item View Item