Pengaruh Model Pembelajaran Think Aloud Pair Problem Solving (Tapps) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Di Tinjau Dari Disposisi Matematis Siswa Kelas V SDN 77 Rejang Lebong

Setiawan, Hegi Dimas and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Rahmadeni, Fevi (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Think Aloud Pair Problem Solving (Tapps) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Di Tinjau Dari Disposisi Matematis Siswa Kelas V SDN 77 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.

[img] Text
Hegi Dimas Setiawan Full Text.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas V SD Negeri 77 Rejang Lebong. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Think Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa dengan disposisi matematis tinggi; 2) Mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Think Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa dengan disposisi matematis sedang; 3) Mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Think Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa dengan disposisi matematis rendah. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Desain penelitian yang diterapkan adalah One Group Pretest-Posttest Design yang termasuk dalam pre-eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN 77 Rejang Lebong dengan jumlah 21 orang yang sekaligus dijadikan sampel (sampling jenuh). Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian untuk mengukur kemampuan penalaran matematis dan angket untuk mengukur disposisi matematis. Analisis data meliputi uji normalitas, uji prasyarat, serta pengujian hipotesis dengan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran TAPPS terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan disposisi matematis tinggi; 2) Terdapat pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran TAPPS terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan disposisi matematis sedang; 3) Terdapat pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran TAPPS terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan disposisi matematis rendah. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi < 0,05 pada uji paired sample t-test. Dengan demikian, penerapan TAPPS berpengaruh positif dan dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari disposisi matematis. Kata Kunci: Think Aloud Pair Problem Solving (TAPPS), Penalaran Matematis, Disposisi Matematis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Setiawan, Hegi DimasUNSPECIFIED
Hamengkubuwono, Hamengkubuwonohamengkubuwono@iaincurup.ac.id
Rahmadeni, Fevifevirahmadeni@iain.ac.id
Subjects: L Education
L Education > LA History of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 15 Sep 2025 03:48
Last Modified: 15 Sep 2025 03:48
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9354

Actions (login required)

View Item View Item