Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V di SDN 1 3 Rejang Lebong

Media, Henzi and Asha, Lukman and Oktori, Agus Riyan (2025) Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V di SDN 1 3 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.

[img] Text
HENZI MEDIA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan di Indonesia terus mengalami perkembangan kurikulum sebagai respons terhadap dinamika zaman, termasuk lahirnya Kurikulum Merdeka yang menekankan fleksibilitas dan pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi bertujuan untuk mengakomodasi keberagaman peserta didik berdasarkan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar mereka. Salah satu implementasinya tampak pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS), yang merupakan integrasi antara IPA dan IPS dan menuntut kemampuan berpikir kritis dan logis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran IPAS di kelas V SDN 13 Rejang Lebong. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa guru menghadapi beberapa tantangan, antara lain: 1) kesulitan dalam mengidentifikasi kebutuhan belajar siswa secara menyeluruh, 2) rendahnya minat belajar siswa, 3) serta keterbatasan waktu dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Meskipun demikian, terdapat indikasi bahwa strategi diferensiasi yang dirancang dengan baik mampu meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi. Kajian ini penting dilakukan untuk mengetahui sejauh mana implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran IPAS serta kendala-kendala yang perlu diatasi dalam prosesnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah guru kelas V dan peserta didik di SDN 13 Rejang Lebong. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa pedoman wawancara, pedoman observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis data mengikuti model Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Untuk menjaga keabsahan data digunakan triangulasi sumber dan teknik, peningkatan ketekunan, serta diskusi sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran IPAS dilaksanakan dalam tiga tahap: (1) Perencanaan, guru memetakan kebutuhan belajar siswa berdasarkan kesiapan, minat, dan profil belajar; (2) Pelaksanaan, guru menggunakan berbagai strategi seperti diferensiasi konten, proses, produk, serta memanfaatkan media visual, diskusi kelompok, dan tugas individu; (3) Evaluasi, guru menerapkan asesmen formatif dan sumatif yang disesuaikan dengan perbedaan siswa. Adapun kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan waktu, kesulitan guru dalam memetakan kebutuhan belajar siswa secara mendalam, serta rendahnya minat belajar sebagian siswa. Temuan ini menegaskan pentingnya kompetensi guru dalam menerapkan strategi pembelajaran berdiferensiasi agar proses pembelajaran IPAS lebih inklusif, efektif, dan bermakna bagi seluruh siswa. Kata kunci: Pembelajaran berdiferensiasi, Pelajaran IPAS, SDN 13 Rejang Lebong

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Media, Henzimediahenzi@gmail.com
Asha, Lukmanlukman.asha@iaincurup.ac.id
Oktori, Agus Riyanagusriyanoktori@iaincurup.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berdiferensiasi, Pelajaran IPAS, SDN 13 Rejang Lebong
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun9 akun 9 akun9
Date Deposited: 15 Sep 2025 03:46
Last Modified: 15 Sep 2025 03:46
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9353

Actions (login required)

View Item View Item