Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Konkret Terhadap Pemahaman Konsep Matematika di Kelas III SDN 13 Rejang Lebong

Cardova, Anisyah and Arbani, Wiwin and selvi maharani, mega (2025) Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Konkret Terhadap Pemahaman Konsep Matematika di Kelas III SDN 13 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.

[img] Text
fulltext.pdf - Accepted Version

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa tentang konsep matematika, yang disebabkan oleh kurangnya media pembelajaran dan kurangnya minat siswa dalam belajar.Penelitian ini bertujuan untuk menentukan bagaimana penggunaan alat peraga konkret berdampak pada pemahaman konsep matematika siswa di kelas 3 SDN 13 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis quasi-eksperimen. Penelitian ini terdiri dari dua kelas: kelas eksperimen dengan alat peraga konkret dan kelas kontrol dengan metode pembelajaran konvensional. Desain grup kontrol pretest-posttest digunakan untuk penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) pemehaman konsep matematika mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata post-tes meningkatkan menjadi 48,58 dari pre-test 48,58 kelas kontrol. Sementara itu pada kelas eksperimen nilai rata-rata pos-tes juga mengalami peningkatan menjadi 49,18 dari pre-test 49,18. Nilai terendah dikedua kelas juga menunjukan perbaikan, dimana nilai terendah di kelas kontrol menjadi 17, yang sebelumnya17, dan di kelas eksperimen menjadi 25, yang sebelumnya 25. 2) berdasarkan hasil uji determinasi terdapat hasil sesui dengan uji kreteria uji determinasi maka, diperoleh nilai r sebesar 0,483 yang menunjukan adanya hubungan fositif yang kuat antara variabel X dan Y. Nilai r Square sebesar 0,566 mengindikasikan bahwa 56,6% variasi pada variabel Y dapat dijelaskan oleh variabel X, sedangkan sisanya 43,4% dipengaruhi oleh faktor lain diluar model yang diteliti. Berdasarkan hasil uji determinasi terdapat pengaruh signifikan pada alat peraga konkret terhadap pengembangan konsep matematika siswa kelas 3 SDN 13 Rejang Lebong. Kata Kunci: Alat peraga konkret, Pemahaman konsep, Matematika, Pembelajaran SDN 13 Rejang Lebong.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Cardova, Anisyahanisyahcardova8@gmail.com
Arbani, Wiwinwiwinarbaniw@iaincurup.ac.id
selvi maharani, megamegaselvimaharani@iaincurup.ac.id
Uncontrolled Keywords: Alat peraga konkret, Pemahaman konsep, Matematika, Pembelajaran SDN 13 Rejang Lebong.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun9 akun 9 akun9
Date Deposited: 15 Sep 2025 07:34
Last Modified: 15 Sep 2025 07:34
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9343

Actions (login required)

View Item View Item