Dian Hayatie Junadendini, Renda and Kurniawan, Kurniawan and Purnama Sari, Dewi (2025) Efektivitas Program Pembiasaan Literasi dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas Ii di Sd Literasi Qur’ani. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.
![]() |
Text
RENDA DIAN HAYATIE JUNADENDINI .pdf - Accepted Version Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK RENDA DIAN HAYATIE JUNADENDINI, NIM. 21591171 “Efektifitas Program Pembiasaan Literasi Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas II SD Literasi Qur’ani” Skripsi Pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Kemampuan membaca Al-Qur’an merupakan keterampilan dasar yang harus dimiliki peserta didik sejak dini, mencakup kelancaran membaca, ketepatan makhraj huruf, dan penerapan tajwid. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa mayoritas siswa kelas II SD Literasi Qur’ani Rejang Lebong masih mengalami kesulitan dalam mengenal huruf hijaiyah, melafalkan dengan makhraj yang tepat, serta membaca dengan kelancaran sesuai kaidah tajwid. Kondisi ini menunjukkan perlunya upaya sistematis melalui program pembiasaan literasi Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui keterampilan membaca Al-Qur’an siswa kelas II sebelum dan sesudah mengikuti program pembiasaan literasi; dan (2) menguji efektivitas program pembiasaan literasi dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an siswa kelas II SD Literasi Qur’ani. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan desain penelitian Quasi Experimental Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas II, yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data meliputi tes dan dokumentasi, sedangkan metode analisis data terdiri dari uji normalitas, uji hipotesis dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) sebelum pembiasaan literasi keterampilan membaca Al-Qur’an siswa memiliki rata-rata 52,23 sedangkan setelah pembiasaan literasi keterampilan membaca Al-Qur’an siswa memiliki rata-rata 88,71. 2) terdapat pengaruh yang signifikansi program pembiasaan literasi dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an siswa terbukti dengan hasil uji hipotesis independent sampel t-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,005, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara keterampilan membaca Al-Qur’an pretest dan posttest, yang artinya ada efektifitas program pembiasaan literasi dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an siswa kelas II SD Literasi Qur’ani. Kata kunci : Program, pembiasaan literasi, keterampilan membaca Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun10 akun10 | ||||||||
Date Deposited: | 11 Sep 2025 04:19 | ||||||||
Last Modified: | 11 Sep 2025 04:19 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9342 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |