Problematika Pelaksanaan Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Min) Se-Kabupaten Rejang Lebong

Dinata, Guskar and Zulaiha, Siti and Meldina, Tika (2025) Problematika Pelaksanaan Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Min) Se-Kabupaten Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Guskar Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (6MB)

Abstract

viii ABSTRAK GUSKAR DINATA, NIM. 21591083 “Problematika Pelaksanaan Asesmen Pembelajaran Pada Kurikuum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Se-Kabupaten Rejang Lebong”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini dilatar belakangi oleh perubahan pada kurikulum di Indonesia tentu saja memilki asesmen yang berbeda setiap kurikulumnya sampai sekarang Kurikulum Merdeka. Sehingga menimbulkan problematika pelaksanaan asesmen pada Kurikuum Merdeka. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan problematika yang dihadapi Madrasah dalam Pelaksanaan Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka di MIN Se-Kabupaten Rejang Lebong. 2) Untuk menganalisis upaya madrasah untuk mengatasi Problematika Pelaksanaan Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka di MIN Se-Kabupaten Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun subjek penelitian ini yaitu kepala madrasah, guru dan siswa MIN Se-Kabupaten Rejang Lebong. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Dan Teknik uji keabsahan data menggunakan Triangulasi Sumber dan Triangulasi Teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Problematika Pelaksanaan Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka di MIN 1 yaitu keterbatasan waktu dan sarana prasarana, MIN 2 yaitu materi terlalu tinggi untuk jenjang SD/MI dan guru tergesah-gesah dalam mengajar, MIN 3 yaitu kemampuan anak belum mampu daan bentuk soal belum sesuai dengan Kurikulum Merdeka, dan MIN 4 tidak memiliki. 2) Upaya Madrasah mengatasi Problematika Pelaksanaan Asesmen pada Kurikulum Merdeka di MIN 1 mengunakan waku dengan baik, MIN 2 melakukan pembelajaran berdiferensiasi, MIN 3 dan 4 peningkatan kompetensi guru dan bekerja sama dengan orang tua dalam mendidik anak. Kata Kunci: Problematika, Asesmen Pembelajaran, Kurikulum Merdeka

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Dinata, Guskarguskardinata@gmail.com
Zulaiha, Sitisitizulaiha@iaincurup.ac.id
Meldina, Tikatikameldina@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 11 Sep 2025 04:58
Last Modified: 11 Sep 2025 04:58
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9337

Actions (login required)

View Item View Item