Citra Melati, Melia and Kurniawan, Kurniawan and Irsal, Irni Latifa (2025) Pengaruh Learning Trajectory Matematis Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Penjumlahan Bilangan Cacah Kelas III Di Sekolah Dasar. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
fulltext.pdf - Accepted Version Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Learning Trajectory matematis terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas III SD pada materi penjumlahan bilangan cacah. Fokus utama penelitian meliputi: (1) hasil belajar kognitif siswa sebelum penerapan Learning Trajectory, (2) hasil belajar setelah penerapan, dan (3) pengaruh signifikan dari metode tersebut terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kuantitatif dengan metode Quasy Exsperimen (eksperimen semu). Desain penelitian ini adalah Tipe Non Equivalent Control Group Pretest Posttest. Populasi pada penelitian ini adalah kelas III di SD Negeri 112 Rejang Lebong, sedangkan sampel yang digunakan adalah siswa kelas III A sebagai kelas ekperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol, masing-masing sampel berjumlah 20 siswa dengan total seluruh sampel 40 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar tes matematika dan lembar observasi. Dalam penganalisisan data menggunakan uji prasyarat, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Hipotesis (Uji T). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum intervensi, rata-rata nilai pretest siswa berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata 39,7. Setelah penerapan Learning Trajectory, rata-rata nilai posttest meningkat menjadi 71,5, dengan distribusi pemahaman siswa yang lebih merata dan proporsi siswa dalam kategori tinggi meningkat signifikan. Penerapan Learning Trajectory, yang mencakup aktivitas pembelajaran bertahap dari konkret ke abstrak serta scaffolding yang disesuaikan dengan strategi berpikir siswa, dilihat dari hasil observasi setiap pertemuan hasil observasi, aktivitas belajar siswa meningkat signifikan setiap pertemuan, Learning Trajectory terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konseptual siswa secara mendalam. Temuan ini mengindikasikan bahwa Learning Trajectory tidak hanya mampu meningkatkan hasil belajar, tetapi juga mengurangi kesenjangan kemampuan antar siswa. Dengan demikian, pendekatan ini direkomendasikan sebagai Pendekatan pembelajaran yang berdampak positif dalam pengajaran Matematika di jenjang Sekolah Dasar. Kata Kunci: Learning Trajectory, Hasil Belajar Kognitif, Penjumlahan Bilangan Cacah, Pemahaman Konsep, Matematika SD.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun4 akun4 | ||||||||
Date Deposited: | 11 Sep 2025 04:48 | ||||||||
Last Modified: | 11 Sep 2025 04:48 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9335 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |