Analisis Kepemimpinan Kepala Madrsah Aliyah dalam Meningkatkan Mutu Guru di Pondok Pesantren Al-Madani Lubuk linggau

Efrianti, Efrianti and Warlizasusi, Jumira and Idris, Muhammad (2025) Analisis Kepemimpinan Kepala Madrsah Aliyah dalam Meningkatkan Mutu Guru di Pondok Pesantren Al-Madani Lubuk linggau. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
Efrianti (21561019).pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Efrianti NIM. 21561019 “Kepemimpinan Kepala Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Madani Lubuklinggau”, Skripsi Pada Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu guru sebagai elemen kunci keberhasilan pendidikan. Kepala madrasah dituntut untuk memiliki kemampuan dalam mengelola, membina, serta mengembangkan potensi guru guna menciptakan proses pembelajaran yang berkualitas. Rumusan masalah dalam penelitian ini mencakup bagaimana mutu guru Madrasah Aliyah, serta bagaimana kepala madrasah berperan dalam peningkatan mutu tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk menilai mutu guru dan mengungkap strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas guru di lingkungan Pondok Pesantren Al-Madani Lubuklinggau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi langsung di lapangan, serta dokumentasi pendukung. Subjek penelitian meliputi kepala madrasah, guru, dan santri di Pondok Pesantren Al-Madani. Analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta menggunakan triangulasi sebagai teknik uji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren Al-Madani telah berjalan secara efektif melalui pendekatan pembinaan, evaluasi, dan pemberdayaan guru. Kepala madrasah menunjukkan peran aktif dalam mengembangkan mutu guru melalui kegiatan pelatihan, motivasi, serta pendelegasian tugas. Kepemimpinan yang diterapkan berpengaruh positif terhadap peningkatan profesionalisme guru, yang berdampak pada kualitas pembelajaran dan prestasi siswa. Temuan ini mengindikasikan bahwa gaya kepemimpinan yang demokratis dan transformasional sangat relevan dalam konteks peningkatan mutu guru di lembaga pendidikan berbasis pesantren. Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Madrasah, Mutu Guru, Madrasah Aliyah, Pondok Pesantren Al-Madani, Lubuklinggau

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Efrianti, Efriantieffhrianhty@gmail.com
Warlizasusi, Jumirajumira.ifnaldi@gmail.com
Idris, Muhammadmuhammadidris@iaincurup.ac.id
Subjects: S3 MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: akun9 akun 9 akun9
Date Deposited: 11 Sep 2025 02:21
Last Modified: 11 Sep 2025 02:21
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9320

Actions (login required)

View Item View Item