Ninda Priastika, Yesli and Rahman, Abdul and Siswanto, Siswanto (2025) Pengaruh Pendekatan Culturally Responsive Teaching (Crt) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Keragaman Budaya Kelas IV SDN 126 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
Yesli Fulltext.pdf - Accepted Version Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK YESLI NINDA PRIASTIKA, NIM 21591242 “Pengaruh Pendekatan Culturally Responsive Theacing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Keragaman Budaya Kelas IV SDN 126 Rejang Lebong”, Skripsi Pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtıdaryah IAIN Curup. Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi keragaman budaya dikelas IV SDN 126 Rejang Lebong , penelitian ini bertujuan untuk, 1) untuk Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum menggunakan pendekatan cullturally responsive teaching di SDN 126 Rejang Lebong. 2) Mengetahui bagaimana pengaruh dari penerapan pendekatan Culturally Responsive teaching (CRT) Dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keragaman budaya di SD Negeri 126 Rejang lebong. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan desain Quasi Eksperiment (eksperimen semu), dengan desain penelitian True Experimental Design dalam bentuk Posttest-Only Control Design yaitu terdapat dua kelompok yang masing- masing dipilih secara random. Pengambilan sampel dilakukan teknik Random Sampling Random Sampling adalah teknik pengambilan anggota sampel darı populası dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populası itu Sampel penelitian ini berjumlah 50 siswa yang terdiri darı kelas IVA sebagai kelas Eksperimen dan IVB sebagai kelas Kontrol . Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa uji normalitas, homogenitas, dan uji independent samples test. Penelitian ini menunjukkan dua temuan utama. Pertama, terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diterapkannya Pendekatan Culturally Responsive Theacing Hal ını ditunjukkan oleh hasıl posttest bahwa nilai rata-rata, terdapat peningkatan rata-rata nilai berdasarkan kelas eksperimen dari nilai sebesar 50,80 meningkat menjadi 85,80, nilai rata-rata tersebut lebih tinggi dibandingankan dengan kelas kontrol, darı nilai sebesar 49,40 menjadi sebesar 64,40. Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan pendekatan culturally responsive teaching terhadap hasil Belajar siswa. Hasıl uji hipotesis data post-test dengan uji-T menunjukkan nilai Sig (2-tailed) 0,000, nilai tersebut lebih kecil darı 0,05 (0,000 < 0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut menunjukkan terdapat pengaruh pend Culturally Responsive Theacing terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: Pendekatan Culturally Responsive Theacing,Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education L Education > LB Theory and practice of education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun4 akun4 | ||||||||
Date Deposited: | 10 Sep 2025 09:09 | ||||||||
Last Modified: | 10 Sep 2025 09:09 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9312 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |