Strategi Peningkatan Pangsa Pasar Baitul Maal Wattamwil (BMT) Pat Sepakat (Tinjauan dari Segi Marketing Mix)

Februri, Ardi and Noprizal, Noprizal and Syah, Mabrur (2019) Strategi Peningkatan Pangsa Pasar Baitul Maal Wattamwil (BMT) Pat Sepakat (Tinjauan dari Segi Marketing Mix). Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
STRATEGI PENINGKATAN PANGSA PASAR BAITUL MAAL WATTAMWIL (BMT) PAT SEPAKAT (TINJAUAN DARI SEGI MARKETING MIX).pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Lembaga keuangan konvensional maupun lembaga keuangan syariah sama-sama ingin menjadi yang terbaik di mata masyarakat, yang kemudian persaingan tersebut membuat pihak manajemen lembaga keuangan berusaha menciptakan strategi untuk meraih pangsa pasar yang besar. Salah satu strategi yang digunakan adalah strategi pemasaran yang berbasis marketing mix. Penelitian ini bermaksud untuk menjelaskan : (1)Bagaimana Pangsa Pasar Baitul Maal Wattamwil (BMT) Pat Sepakat, (2)Bagaimana Strategi Peningkatan Pangsa Pasar Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Pat Sepakat (Tinjaun Strategi Mix).Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan manajer dan data sekunder dari literatur-literatur yang berkaitan dengan strategi marketing mix. Teknik yang digunakan adalah mengklasifikasikan data yang didapat dengan kategorinya masing�masing kemudian dianalisis.Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Pangsa pasar BMT Pat Sepakat dibagi menjadi 4 segmentasi, (a) segmentasi berdasarkan geografi atau wilayah BMT Pat Sepakat menargetkan wilayah Rejang Lebong, (b) segmentasi berdasarkan demografik (kependudukan) BMT Pat Sepakat menargetkan orang-orang di semua kalangan dan jenis kelamin yang sudah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan, (c) segmentasi berdasarkan psikografi (kriteria) BMT menargetkan nasabah yang berasal dari kalangan menengah ke bawah, (d) segmentasi berdasarkan perilaku yang disusun berdasarkan tingkah laku atau kebiasaan masyarakat, BMT terfokus pada pengetahuan calon nasabah terhadap BMT dan produk-produknya. (2) Strategi peningkatan pangsa pasar BMT Pat Sepakat ditinjau dari segi marketing mix terbagi menjadi beberapa bagian, Pertama Product (Produk), Kedua price (harga), Ketiga Place (Tempat), Keempat Promotion (Promosi). Dimana Strategi produk, sistem bagi hasil, lokasi pengembangan lokasi unit pelayanan syariah, pelaksanaan kegiatan promosi yang terpadu beserta pelayanan yang bersifat agamis didukung oleh teknologi yang bertujuan untuk memudahkan operasional perusahaan, memudahkan pelayanan dan berorientasi kepada kepuasan nasabah merupakan strategi yang dapat dilakukan oleh BMT Pat Sepakat dalam memperluas pasar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Februri, ArdiUNSPECIFIED
Noprizal, NoprizalUNSPECIFIED
Syah, MabrurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Peningkatan, Pangsa Pasar, BMT, Strategi Marketing Mix
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:15
Last Modified: 20 Feb 2023 09:15
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/931

Actions (login required)

View Item View Item