Yoga Armanda, Riski and Azwar, Beni and Afrizal, Afrizal (2025) Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengoptimalisasikan Self Control Siswa Pengguna Teknologi Komunikasi Handphone di Sman Megang Sakti. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
Yoga Fulltext.pdf - Accepted Version Download (4MB) |
Abstract
Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengoptimalisasikan Self Control Siswa Pengguna Teknologi Komunikasi Handphone Di SMAN megang sakti ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk Bagaimana Peran bimbingan dan konseling dalam mengoptimalisasikan self control siswa pengguna teknologi komunikasi di SMAN Megang Sakti. Khususnya penggunaan handphone, telah memberikan dampak signifikan dalam kehidupan pelajar, baik secara positif maupun negatif. Di sisi lain, penggunaan handphone secara berlebihan dan tidak terkendali berdampak pada menurunnya konsentrasi belajar dan prestasi akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran layanan bimbingan dan konseling dalam mengoptimalisasikan self control siswa terhadap penggunaan handphone di lingkungan sekolah, khususnya di SMAN Megang Sakti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara,dan dokumentasi terhadap guru Bimbingan Konseling dan siswa sebagai subjek penelitian. Dalam penelitian kualitatif peneliti merupakan perencana, pelaksana, pengumpul data, analisis, penafsir dan pada akhirnya menjadi pelapor hasil penelitiannya. Uji kredibilitas data atau kepercayaan data penelitian kualitatif terdiri atas perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, analisis kasus negatif, menggunakan bahan referensi dan member checkSebagai instrumen penelitian, peneliti harus mampu menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi di lapangan yaitu dengan para informan peneliti dan pihak-pihak lain yang berkompeten atau yang terkait dalam penelitian ini yaitu guru BK, Wali Kelas dan Siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan dan konseling memiliki peran strategis dalam membantu siswa meningkatkan kemampuan pengendalian diri melalui pendekatan preventif, kuratif, dan pengembangan. Guru BK berperan aktif dalam memberikan pendampingan, edukasi, serta motivasi kepada siswa agar mampu menggunakan teknologi secara bijak. Selain itu, ditemukan bahwa faktor usia, lingkungan keluarga, serta pola asuh turut memengaruhi tingkat self control siswa. Dengan adanya layanan bimbingan dan konseling yang tepat, siswa dapat diarahkan untuk membentuk perilaku positif, menghindari penyalahgunaan teknologi, serta meningkatkan fokus dalam kegiatan belajar. Penelitian ini menegaskan pentingnya sinergi antara guru BK, guru mata pelajaran, dan pihak sekolah dalam menumbuhkan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa di era digital. Kata Kunci: Bimbingan dan Konseling, Handphone, Self Control, Siswa, Teknologi Komunikasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education L Education > LB Theory and practice of education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling Islam | ||||||||
Depositing User: | akun4 akun4 | ||||||||
Date Deposited: | 10 Sep 2025 08:42 | ||||||||
Last Modified: | 10 Sep 2025 08:42 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9309 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |