Pengaruh Penggunaan Metode Orton Gillig Ham Berbantuan Kartu Huruf terhadap Keterampilan Baca Tulis Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I Sekolah Dasar Negeri 12 Rejang Lebong

Deviana, Vera and Kurniawan, Kurniawan and Purna Putra, Hastha (2025) Pengaruh Penggunaan Metode Orton Gillig Ham Berbantuan Kartu Huruf terhadap Keterampilan Baca Tulis Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I Sekolah Dasar Negeri 12 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Vera Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Vera Deviana NIM.21591224 “Pengaruh Penggunaan Metode Orton Gillig Ham Berbantuan Kartu Huruf Terhadap Keterampilan Baca Tulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I SDN 12 Rejang Lebong.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Keterampilan baca tulis Bahasa Indonesia merupakan keterampilan dasar yang harus dimiliki peserta didik sejak dini, mencakup tentang pemahaman, kelancaran, kosalata dalam membaca dan menulis. Untuk itu diperlukan metode pembelajaran yang tepat untuk mengembangkannya. Dari permasalahan tersebut peneliti memberikan solusi yaitu dengan menerapkan metode pembelajaran Orton Gillig Ham. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui keterampilan baca tulis siswa kelas IB sebelum menggunakan metode Orton Gillig Ham, 2) untuk mengetahui keterampilan baca tulis siswa kelas IB setelah diajar menggunakan metode Orton Gillig Ham, 3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Orton Gillig Ham terhadap keterampilan baca tulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I SDN 12 Rejang Lebong. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan desain penelitian Quasy Eksperiment Non-Equivalent. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas I, yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan dokumentasi, serta analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis, Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) sebelum menggunakan metode Orton Gillig Ham keterampilan baca tulis siswa kelas IB memiliki nilai rata-rata yang rendah yaitu 67,29, 2) Setelah diajar menggunakan metode Orton Gillig Ham terdapat pengaruh yang signifikan siswa kelas IA pada hasil nilai posttest keterampilan baca tulis sebesar 83,29, 3) Terdapat pengaruh yang signifikan metode Orton Gillig Ham terhadap keterampilan baca tulis terbukti dengan hasil uji t peneliti mendapatkan hasil perhitungan uji t data menujukan bahwa nilai signifikan yang ditampilkan dalam tabel Sig.(1-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara keterampilan baca tulis pretest dan posttest, yang artinya tetdapat pengaruh penggunaan metode Orton Gillig Ham terhadap Keterampilan baca tulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I SDN 12 Rejang Lebong. Kata kunci: Metode Pembelajaran, Orton Gillig Ham, Keterampilan Baca Tulis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Deviana, Veraveradeviana765@gmail.com
Kurniawan, Kurniawankurniawan@iaincurup.ac.id
Purna Putra, Hasthahasthapurnaputra@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 10 Sep 2025 09:03
Last Modified: 10 Sep 2025 09:03
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9304

Actions (login required)

View Item View Item