Sari, Novita and Arifin, Rahman and Silvia, Sineba Arli (2025) Pengaruh Nilai Taksiran dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Nasabah dalam Menggunakan Produk Krasida di Pegadaian Cabang Curup. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.
![]() |
Text
Novita Sari Fulltext.pdf - Accepted Version Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh nilai taksiran dan kualitas produk Krasida terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan jasa Pegadaian di Cabang Curup. Layanan Krasida (Kredit Angsuran Sistem Gadai) merupakan salah satu produk unggulan Pegadaian yang menawarkan pinjaman dengan sistem angsuran yang menjadikan nilai taksiran barang dan kualitas layanan sebagai faktor penting dalam pengambilan keputusan oleh nasabah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 58 responden dipilih dari data populasi nasabah Krasida dari tahun 2020-2024 yang merupakan nasabah aktif produk Krasida. Analisis data menggunakan software SPPS versi 22.0. dan regresi linear berganda untuk melihat pengaruh simultan maupun parsial dari masing- masing variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan Secara parsial Nilai Taksiran tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah yang dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,745 > 0,05 dan nilai t-hitung -0,328 < t-tabel 2,004 dan kualitas produk krasida berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah yang dibuktikan dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai t-hitung 5,406 > t-tabel 2,004. Secara simultan Berdasarkan hasil uji f menunjukkan bahwa nilai f-hitung sebesar 14,902 > f-tabel 2,779 diperoleh nilai F sebesar 14,902 dengan tingkat signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel Nilai Taksiran dan Kualitas Produk Krasida secara simultan berpengaruh antara v bebas (X) dan v terikat (Y) terhadap keputusan nasabah menggunakan jasa di Pegadaian Cabang Curup. Temuan ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi nilai taksiran dan semakin baik kualitas produk yang ditawarkan, maka semakin besar kecenderungan nasabah untuk menggunakan jasa Pegadaian. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi manajemen Pegadaian Cabang Curup dalam meningkatkan kualitas layanan dan kebijakan penilaian taksiran. Kata Kunci: Nilai Taksiran, Kualitas Produk, Keputusan Nasabah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance H Social Sciences > HJ Public Finance |
||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah | ||||||||
Depositing User: | akun4 akun4 | ||||||||
Date Deposited: | 11 Sep 2025 02:16 | ||||||||
Last Modified: | 11 Sep 2025 02:16 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9299 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |