Implementasi Media Gambar untuk Meningkatkan Aspek Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini

Jannati Naimah, Annisa and Amrillah, Taufik and Hartati, Meri (2025) Implementasi Media Gambar untuk Meningkatkan Aspek Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
A.Jannati Naimah Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK A Jannati Naimah (19511001): UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN ASPEK PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA GAMBAR Pendidikan anak usia dini merupakan fondasi fundamental dalam membangun karakter, kecerdasan, dan potensi individual seorang anak. Penggunaan media gambar muncul sebagai salah satu instrumen pedagogis yang memiliki potensi signifikan dalam mendukung proses pembelajaran dan stimulasi perkembangan anak usia dini. Namun, realitas di lapangan menunjukkan masih terdapat kesenjangan antara konsep ideal penggunaan media gambar dengan praktik aktual di lembaga pendidikan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi upaya guru di PAUD Teladan dalam menggunakan media gambar untuk meningkatkan aspek perkembangan kognitif anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara induktif untuk mengidentifikasi strategi, metode, dan pendekatan yang diterapkan guru dalam merancang, memilih, dan mengimplementasikan media gambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru di PAUD Teladan telah menerapkan berbagai upaya sistematis dalam perencanaan dan perancangan media gambar, mulai dari identifikasi tujuan pembelajaran, analisis kebutuhan anak, hingga pemilihan tema yang relevan. Dalam implementasi, mereka menggunakan teknik storytelling visual, pembelajaran interaktif, dan questioning yang efektif untuk merangsang kemampuan observasi, analisis, memori, dan komunikasi anak. Faktor pendukung utama adalah kompetensi dan kreativitas guru, ketersediaan media gambar beragam dan berkualitas, serta dukungan manajemen sekolah. Sementara itu, kendala yang dihadapi mencakup keterbatasan anggaran, infrastruktur teknologi, pemahaman pedagogis guru, dan kompleksitas evaluasi. Kata Kunci: Media Gambar, Perkembangan Kognitif, Anak Usia Dini, Strategi Pembelajaran, PAUD Teladan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Jannati Naimah, Annisaajannatinaimah@gmail.com
Amrillah, Taufiktaufikamrillah@iaincurup.ac.id
Hartati, Merimerryhartati8055@gmail.com
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 11 Sep 2025 02:30
Last Modified: 11 Sep 2025 02:30
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9297

Actions (login required)

View Item View Item