Pengaruh Penggunaan Media Recycle System Terhadap Kemampuan Memahami Materi Sistem Peredaran Darah Kelas V SDN 126 Rejang Lebong

Paramita, Sindi and Nasution, Aida Rahmi and Amrillah, H.M Taufik (2025) Pengaruh Penggunaan Media Recycle System Terhadap Kemampuan Memahami Materi Sistem Peredaran Darah Kelas V SDN 126 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.

[img] Text
SKRIPSI SINDI PARAMITA docx (1).pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SDN 126 Rejang Lebong pada siswa kals V dengan tujuan untuk: 1) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa memahami materi sistem peredaran darah manusia sebelum menggunakan Media Recycle System, 2) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa memahami materi sistem peredaran darah manusia setelah menggunakan Media Recycle System, 3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan Media Recycle System terhadap kemampuan memamahami sistem peredaran darah manusia di kelas V SDN 126 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V dengan populasi 46 siswa. Sampel terdiri dari 2 kelas dengan masing-masing 23 siswa, yang mana kelas VA sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan dokumentasi. Teknis analisis data berupa uji normalitas, homogenitas, uji hipotesis Independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Sebelum menggunakan media pembelajaran Recycle System dilihat hasil pretest, nilai pretest kelas eskperimen memperoleh rata sebesar 58,91 sedangkan hasil pretest kelas kontrol memperoleh rata-rata 52,52; 2) Setelah menggunakan media pembelajaran Recycle System dilihat hasil posttest, nilai posttest kelas eksperimen 82,52 sedangkan jasil posttest kelas kontrol memperoleh rata sebesar 70,61 kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 70,61. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran Recycle System memiliki hasil yang lebih baik. 3) Hasil uji hipotesis Independent Sample T-test menunjukkan nilai Sig. (2 tailed) = 0,000 < 0,005, sesuai dengan kriteria uji t-test jika nilai Sig. (2 tailed) lebih kecil dari 0,005 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dari hasil dari penelitian ini, penggunaan media pembelajaran Recycle System berpengaruh meningkatkan kemampuan siswa memahami Materi Sistem Peredaran Darah Manusia dalam pembelajaran IPAS kelas V SDN 126 Rejang Lebong. Kata kunci: Media Pembelajaran, Recycle System, IPAS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Paramita, Sindisindiparamita4072@gmail.com
Nasution, Aida Rahmiaidarahminasution@iaincurup.ac.id
Amrillah, H.M Taufiktaufikamrillah@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun9 akun 9 akun9
Date Deposited: 11 Sep 2025 03:14
Last Modified: 11 Sep 2025 03:14
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9290

Actions (login required)

View Item View Item