Pengaruh Media Flashcard Berbasis Scramble terhadap Hasil Belajar Ipas Siswa pada Materi Mengubah Bentuk Energi Kelas IV SD N 79 Rejang Lebong

Limaran, Ratna and Rahmi Nasutiom, Aida and Mina Putra, Muksal (2025) Pengaruh Media Flashcard Berbasis Scramble terhadap Hasil Belajar Ipas Siswa pada Materi Mengubah Bentuk Energi Kelas IV SD N 79 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
RATNA LIMARAN .pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Ratna Limaran, NIM. 21591169 “Pengaruh Media Flashcard Berbasis Scramble Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Pada Materi Mengubah Bentuk Energi Kelas IV SD N 79 Rejang Lebong”. Skripsi pada program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini dilatarbelakangi terdapat 57,5% siswa yang belum tuntas terkait materi mengubah bentuk energi. Selain itu pembelajaran dengan memakai media flashcard berbasis scramble sebelumnya belum pernah dipakai dalam proses belajar mengajar. Sehingga selama ini pembelajaran yang berpusat kepada guru (teacher oriented) guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran dan memakai buku paket saja dalam menjelaskan pembelajaran. Oleh karena itu, peserta didik menjadi sedikit bingung dalam memahami materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 79 Rejang Lebong sebelum dan sesudah menggunakan media flashcard berbasis scramble. 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPAS siswa pada materi mengubah bentuk energi di kelas IV SDN 79 Rejang Lebong. 3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flashcard berbasis scramble terhadap hasil belajar siswa pada materi mengubah bentuk energi di kelas IV SDN 79 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain pre-eksperimen dengan jumlah sampel penelitan 27 siswa SDN 79 Rejang Lebong. Penelitian ini dilakukan di SDN 13 Kepahiang. Validitas instrumen penelitian yang digunakan rumus product moment dan uji reliabilitas dengan rumus cronbach alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 79 Rejang Lebong sebelum dan sesudah menggunakan media flashcard berbasis scramble yaitu data pretest diketahui nilai media media flashcard berbasis scramble lebih efektif digunakan untuk memperbaiki hasil belajar siswa. 2) Peningkatan hasil belajar IPAS siswa pada materi mengubah bentuk energi di kelas IV SDN 79 Rejang Lebong yaitu berdasarkan uji independent sampel t-test bahwa terdapat peningkatan atau perbedaan nilai yang signifikan. 3) Pengaruh penggunaan media flashcard berbasis scramble terhadap hasil belajar IPAS siswa pada materi mengubah bentuk energi di kelas IV SDN 79 Rejang Lebong yaitu penggunaan media flashcard berbasis scramble dapat memberikan hasil belajar yang lebih tinggi pada pembelajaran IPAS materi mengubah bentuk energi. Kata Kunci: Media Flashcard Berbasis Scramle, Hasil Belajar IPAS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Limaran, Ratnalimaranratna21@gmail.com
Rahmi Nasutiom, Aidaaidarahminasution@iaincurup.ac.id
Mina Putra, Muksalmuksalminaputra@iaincurup.ac.id
Subjects: S3 MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun9 akun 9 akun9
Date Deposited: 11 Sep 2025 02:24
Last Modified: 11 Sep 2025 02:24
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9287

Actions (login required)

View Item View Item