Pelaksanaan Supervisi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Kasus di MIM 10 Karang Anyar Curup)

Febriyanto, Eko and Warlizasusi, Jumira and Sahib, Abdul (2020) Pelaksanaan Supervisi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Kasus di MIM 10 Karang Anyar Curup). Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU (Studi Kasus Di MIM 10 Karang Anyar Curup).pdf

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari kurang berjalannya dengan baik mengenai pengawasan kepala Madrasah terhadap guru, sehingga dampak kinerja guru belum terlalu efektif dalam meningkatkan dan melakukan keprofesionalnya sebagai guru. Disini penulis tertarik untuk mengangkat penelitian yang berjudul "Pelaksanaa Supervisi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MIM 10 Karang Anyar Curup". penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Supervisi kepala Madrasah di MIM 10 Karang Anyar Curup; (2) Kinerja guru di MIM 10 Karang Anyar Curup; dan (3) Pelaksanaan supervisi kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MIM 10 Karang Anyar Curup. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian Jenis Kualitatif dengan mengambil latar belakang MIM 10 Karang Anyar Curup. metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala Madrasah, waka kurikulum, guru, operator Madrasah, dan wali kelas. Objek penelitian dilakukan di MIM 10 Karang Anyar Curup. Dan data kualitatif dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa supervisi yang dilakukan oleh kepala madrasah cukup baik karena sudah melakukan pengawasan seperti memeriksa RPP, melakukan rapat awal dan akhir bulan, dan memeriksa metode yang di pakai guru pada saat mengajar. kinerja guru menurut kepala Madrasah cukup baik, karena guru telah memberikan hasil dari kinerjanya yaitu melalui murid-murid yang begitu berkompetensi di bidang pendidikan terkhusus Madrasah tersebut mendapatkan penghargaan dalam kategori Madrasah Ramah Anak. kepala Madrasah selalu melakukan supervisi yang dalam satu bulan dua kali yaitu pada awal dan akhir bulan yang mana dalam bentuknya yaitu Memonitoring, memeriksa program kinerja, dan melihat perkembangan anak tersebut

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Febriyanto, EkoUNSPECIFIED
Warlizasusi, JumiraUNSPECIFIED
Sahib, AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Supervisi, Kepala Madrasah, Kinerja Guru
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr hardinata
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:15
Last Modified: 20 Feb 2023 09:15
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/927

Actions (login required)

View Item View Item