Muyasaroh Septiana, Ely and Azwar, Beni and Fadila, Fadila (2025) Implementasi Model Problem Based Learning untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Toleransi Antar dan Inter Umat Beragama di SMP N 2 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.
![]() |
Text
Skripsi ely muyasaroh septiana.pdf - Accepted Version Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Ely Muyasaroh Septiana NIM. 21531046 “Implementasi Model Problem Based Learning untuk Mengembangkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik pada Materi Toleransi Antar dan Inter Umat Beragama” Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian menunjukkan rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam memahami materi Pendidikan Agama Islam (PAI), khususnya tentang toleransi antar dan inter umat beragama, menjadi latar belakang penelitian ini. Di SMP Negeri 2 Rejang Lebong, pembelajaran PAI masih cenderung berpusat pada guru dan kurang memberikan ruang bagi peserta didik untuk mengeksplorasi dan menalar materi secara mendalam. Hal ini berdampak pada kurangnya pemahaman yang menyeluruh terhadap nilai-nilai toleransi dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan model pembelajaran yang lebih interaktif dan partisipatif. Model yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru dan peserta didik di SMP Negeri 2 Rejang Lebong, melalui informan yang terdiri dari 2 guru dan 8 peserta didik. Data dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi untuk memperoleh temuan yang valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model Problem Based Learning (PBL) mampu mendorong peserta didik untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Mereka terlibat dalam diskusi, eksplorasi masalah, serta penyusunan solusi yang berhubungan langsung dengan kehidupan nyata. Hambatan yang ditemukan antara lain keterbatasan waktu dan perbedaan kemampuan berpikir antar peserta didik. Namun secara umum, model ini efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan menumbuhkan sikap toleransi. Dengan demikian, penerapan model PBL diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PAI dan membentuk karakter peserta didik yang lebih toleran dan kritis. Kata Kunci: Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Toleransi, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun9 akun 9 akun9 | ||||||||
Date Deposited: | 09 Sep 2025 08:22 | ||||||||
Last Modified: | 09 Sep 2025 08:22 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9252 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |