Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Puzzle Box terhadap Peningkatan Pemahaman Siswa Kelas IV pada Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan di Sdn 134 Rejang Lebong

Tri Yunicha, Al-finna and Rahmi Nasution, Aida and Amrillah, H.M Taufik (2025) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Puzzle Box terhadap Peningkatan Pemahaman Siswa Kelas IV pada Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan di Sdn 134 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Alfina Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Al-Finna Tri Yunicha, NIM. 21591011 “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Puzzle Box Terhadap Peningkatan Pemahaman Siswa Kelas IV Pada Materi Struktur Dan Fungsi Tumbuhan di SDN 134 Rejang Lebong”, Skripsi Pada Program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup Dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan pendekatan yang bersifat konvensional. Guru menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi. Pembelajaran cenderung berorientasi pada guru, sehingga kurang terjalin interaksi antara guru dengan siswa, dan siswa dengan siswa. Guru melakukan kegiatan pembelajaran yang monoton dan kurang ada inovasi-inovasi baru seperti tanpa penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran puzzle box terhadap peningkatan pemahaman siswa kelas IV pada materi struktur dan fungsi tumbuhan di SDN 134 rejang lebong. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan rancagan penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dari penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri 134 Rejang Lebong yang berjumlah 20 orang. Sedangkan sampel dari penelitian ini adalah 20 orang siswa juga. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah test dan dokumentasi, untuk mencari pengaruh antara variabel X dan variabel Y menggunakan rumus uji-t satu sampel kecil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pemahaman awal sebelum menggunakan media Puzzle Box, mayoritas siswa berada pada kategori sedang (40%) dan tinggi (30%) dalam pemahaman IPAS. (2) Pemahaman Setelah penggunaan setelah menggunakan media Puzzle Box, terjadi peningkatan signifikan pada kategori sangat tinggi (dari 5% menjadi 20%) dan perubahan pada distribusi kategori lainnya. (3) Pengaruh media berdasarkan analisis statistik menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara penggunaan media Puzzle Box dan peningkatan pemahaman siswa, dengan nilai signifikansi 0,000 dan t hitung > t tabel. Kata kunci: Media Pembelajaran, Puzzle Box, Pemahaman Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Tri Yunicha, Al-finnaalfinatriyunicaa27@gmail.com
Rahmi Nasution, Aidaaidarahminasution@iaincurup.ac.id
Amrillah, H.M Taufiktaufikamrillah@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 10 Sep 2025 07:13
Last Modified: 10 Sep 2025 07:13
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9251

Actions (login required)

View Item View Item