Analisis Dampak Penggunaaan Game Mobile Legend Dalam Bertutur Kata Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Kepahiang

Luqmanulhakim, Nur and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Arsil, Arsil (2025) Analisis Dampak Penggunaaan Game Mobile Legend Dalam Bertutur Kata Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Kepahiang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
full text.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena meningkatnya penggunaan game Mobile Legends di kalangan siswa, khususnya di SMAN 3 Kepahiang. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah adanya perubahan dalam cara bertutur kata para siswa yang memainkan game tersebut, yang ditandai dengan penggunaan bahasa yang kasar, tidak sopan, atau mengandung unsur kekerasan verbal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana fenomena pemain game mobile legend di SMAN 3 Kepahiang, cara bertutur kata siswa di SMAN 3 Kepahiang, serta dampak game mobile legend dalam bertutur kata siswa di SMAN 3 Kepahiang tersebut. Isu ini menjadi penting karena berkaitan erat dengan pembentukan karakter dan etika berbahasa di lingkungan sekolah.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelititan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap siswa SMAN 3 Kepahiang yang aktif bermain Mobile Legends. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mobile Legends menjadi bagian yang cukup dominan dalam kehidupan sosial siswa di SMAN 3 Kepahiang, dengan aktivitas bermain yang rutin dan sering dilakukan secara berkelompok. Penggunaan istilah dan gaya bahasa khas game, seperti noob, AFK, dan gank, terbawa ke percakapan sehari-hari, bahkan disertai kata-kata kasar ketika emosi meningkat, meskipun tidak semua siswa terpengaruh sama. Fenomena ini berdampak ganda, yaitu meningkatkan kepercayaan diri dan kosakata, namun juga memunculkan kecenderungan berbahasa kurang santun dan emosional. Intensitas bermain, lingkungan sosial, dan kontrol diri menjadi faktor utama yang memengaruhi perubahan tutur kata siswa. Kata kunci: Mobile Legends, bertutur kata, game online, akhlak, siswa SMAN 3 Kepahiang

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Luqmanulhakim, Nuraprilinggau2019@gmail.com
Hamengkubuwono, Hamengkubuwonohamengku7@gmail.com
Arsil, Arsilarsilarsil98@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 10 Sep 2025 01:53
Last Modified: 10 Sep 2025 01:53
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9246

Actions (login required)

View Item View Item